The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pernah Alami Kondisi Serupa, Ini Kata Fabrice Muamba Soal Eriksen yang Kolaps di Lapangan
Fabrice Muamba (kiri), Christian Eriksen (kanan). (photo/Instagram/@fmuamba6/REUTERS/HANNAH MCKAY)
Soccer

Pernah Alami Kondisi Serupa, Ini Kata Fabrice Muamba Soal Eriksen yang Kolaps di Lapangan

Senin, 14 Juni 2021 09:11 WIB 14 Juni 2021, 09:11 WIB

INDOZONE.ID - Mantan gelandang Bolton, Fabrice Muamba termasuk pesepakbola yang pernah mengalami kolaps di lapangan seperti yang terjadi pada gelandang Inter Milan, Christian Eriksen di laga pembuka grup B EURO 2020, Denmark kontra Finlandia, Minggu (13/6/2021). 

Muamba mengakui bahwa dia tidak pernah melupakan insiden yang membuat jantungnya berhenti berdetak selama lebih dari 1 jam setelah ambruk di perempat final Piala FA hampir 1 dekade lalu.

Dia baru berusia 23 tahun ketika dia pingsan melawan Tottenham di White Hart Lane dan secara ajaib selamat setelah jantungnya berhenti berdetak selama 78 menit.

Kini Muamba yang berusia 33 tahun buka suara setelah mengetahui kabar Eriksen mengalami serangan jantung seperti dirinya.

“Yang bisa saya katakan ketika menonton televisi adalah ‘tolong Christian, lewati’," kata Muamba dalam sebuah wawancara dengan Telegraph.

"Jika ini akan terjadi di mana saja, lebih baik itu terjadi di lapangan sepak bola."

“Pengalaman saya mengajari saya itu. Kecepatan dan keahlian staf medis di tempat kejadian menyelamatkan saya dari serangan jantung pada tahun 2012. Seperti halnya keterampilan semua orang yang membawa saya ke Rumah Sakit Dada London."

Setelah berkonsultasi dengan ahli medis, Muamba terpaksa pensiun dari sepak bola 9 tahun kemudian, meski itu sesuatu yang berat baginya.

“Saya memang ingin bermain lagi, jelas, tetapi pada awalnya Anda mempertimbangkan masa depan lebih memikirkan keluarga Anda daripada karier."

“Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan bahkan sebelum berpikir untuk bermain lagi, sebanyak yang Anda mau."

“Anda berbicara dengan semua spesialis, mengumpulkan semua informasi dan memikirkan apa yang terbaik untuk kesehatan Anda, keluarga Anda, dan sisa hidup Anda."

“Saya masih perlu check-up setiap 6 bulan. Sungguh, saya tidak berpikir saya akan pernah melupakan apa yang terjadi hari itu. Itu selalu di belakang pikiran saya."

“Tidak mungkin untuk melupakan dan Anda membutuhkan konseling untuk mengatasinya.”

Seperti diberitakan sebelumnya, Eriksen ambruk tak sadarkan diri di menit 43 pertandingan Denmark melawan Finlandia.

Pemain 29 tahun itu sempat mendapat tindakan resutasi jantung paru (CPR) dari petugas medis dengan memompa dada Eriksen.

Namun, kini kondisinya sudah stabil dan sedang dalam masa pemulihan di rumah sakit Kopenhagen.

"Sungguh melegakan mendengar Christian terbangun setelah beberapa menit, dan dia dalam kondisi stabil," imbuh Muamba.

“Christian tidak akan pernah melupakan orang-orang yang telah menyelamatkannya. Seluruh sepak bola bersatu untuk Christian. Ini menunjukkan kekuatan sepak bola, dan ada kesamaan di antara kami.”
 

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Laila Rahmi Batubara

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US