The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Akhirnya Diresmikan, Ini Penampakan JIS Saat Mulai Dibangun
JIS, stadion kebanggaan Jakarta (Jafriyal/Z Creators)
Soccer

Akhirnya Diresmikan, Ini Penampakan JIS Saat Mulai Dibangun

Senin, 25 Juli 2022 20:28 WIB 25 Juli 2022, 20:28 WIB

INDOZONE.ID - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya meresmikan Jakarta International Stadium (JIS) pada Minggu (24/7/2022). Peresmian hari ini menjadi acara puncak dari seluruh rangkaian pembukaan JIS yang berlangsung sejak April lalu.

Rangkaian acara peresmian berlangsung meriah pada pukul 16:30 dengan hiburan dari Dewa 19 ft Virza, Kotak dan Setia Band. Lalu diakhiri dengan pertandingan persahabatan antara Persija dengan Chonburi FC dari Thailand.

jis
Jakarta International Stadium, akhirnya diresmikan (Jafriyal/Z Creators)

JIS memiliki sejarah panjang dalam pembangunannya. Pembangunan awal JIS  diinisiasi oleh Fauzi Bowo, Gubernur DKI Jakarta sebelum Joko Widodo di tahun 2008. Di masa Foke -panggilan akbrab Fauzi Bowo- JIS yang kita kenal sekarang masih bernama Taman Bersih Manusia Wibawa (BMW) atau Taman BMW. Penggunaan BMW pun sempat tercetus sebagai nama stadion.

Saat itu Taman BMW memiliki luas 66,6 hektare yang didapat Pemprov DKI Jakarta dari utang penyediaan lahan fasilitas sosial dan fasilitas umum tujuh perusahaan swasta.

jis
Proses pembangunan stadion JIS (Jafriyal/Z Creators)

Lanjut di era Joko Widodo harapan Jakarta untuk memiliki stadion terbuka kembali setelah Stadion Lebak Bulus dirobohkan untuk menjasi Stasiun MRT Lebak Bulus. Taman BMW pun dicanangkan menjadi lokasi stadion pengganti Stadion Lebak Bulus. Singkat cerita di masa eks Wali Kota Solo tersebut Pemprov DKI Jakarta berhasil membuktikkan kepemilikan sertifikat Taman BMW.

Di era Gubernur Djarot Syaiful Hidayat, Pemprov DKI Jakarta akhirnya merealisasikan pembangunan JIS dengan peletakan batu pertama. Lewat tangan politikus PDIP tersebut izin hak pakai lahan dikantongi Pemprov DKI Jakarta yang terbit 18 Agustus 2017.

jis
Sandiaga Uno kala berkunjung ke JIS (Jafriyal/Z Creators)

Dua tahun setelah peletakkan batu pertama pembangunan, Anies Baswedan saat itu berpasangan dengan Sandiaga Uno yang benar-benar mewujudkan impian Jakarta memiliki stadion. Mantan Menteri Pedidikan dan Kebudayaan tersebut menunjuk BUMD, PT Jakarta Propertindo sebagai developer. Proyek ini pun rampung dalam waktu tiga tahun setelah memakan biaya sebesar Rp4,4 triliun.

"Ini adalah kerja kolosal. Ini bukan kerja satu orang. Ini kerja ribuan orang. Ribuan orang bekerja siang malam menuntaskan sebuah proyek maha karya. Dalam kesempatan ini saya menyampaikan terima kasih kepada para pekerja yang tidak pernah tampak di layar mana pun tetapi keringatnya yang membuat stadion ini bisa berdiri," ujar Anies dalam sambutan saat grand launching JIS.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Jafriyal
Jafriyal

Jafriyal

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US