The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Daftar Klub Sepak Bola Tertua di Indonesia, Ada Tim Jagoanmu?
Ilustrasi sepak bola (Freepik.com/jcomp)
Soccer

Daftar Klub Sepak Bola Tertua di Indonesia, Ada Tim Jagoanmu?

Sabtu, 03 Desember 2022 08:05 WIB 03 Desember 2022, 08:05 WIB

INDOZONE.ID - Negara Indonesia memang baru merdeka pada 1945, namun klub-klub sepak bola di Tanah Air ternyata sudah dibentuk jauh sebelum itu. Bahkan, pertandingan sepak bola di Indonesia sudah ada sejak 1910-an pada era kolonial Belanda.

Saat ini sejatinya sudah semakin banyak klub-klub baru yang bermunculan. Namun, eksistensi klub-klub tua masih patut diperhitungkan. Berikut Indozone telah merangkum klub sepak bola tertua di Indonesia:

5. Persebaya Surabaya (1927)

Persebaya Surabaya dibentuk pada 18 Juni 1927. Pada awalnya, klub ini didirikan dengan nama SIVB. Pada 1943 mereka lalu berganti nama menjadi Persibaja. Barulah di tahun 1960 klub berganti nama menjadi Persebaya.

4. Persipura Jayapura (1925)

Persipura Jayapura diketahui didirikan pada 1 Januari 1925. Mereka sudah menjelma menjadi tim yang disegani sejak era perserikatan. Tim berjuluk Mutiara Hitam ini bahkan mencatat rekor sebagai tim pertama asal Indonesia yang mampu menembus semifinal Piala AFC.

Baca Juga: Gantikan Akhmad Hadian Lukita, Ferry Paulus Resmi Jadi Dirut PT LIB

3. Persis Solo (1923)

Persis Solo memegang status sebagai klub tertua ketiga di Indonesia lantaran mereka didirikan pada 8 November 1923. Pada awalnya, klub ini bernama VVB dan didirikan oleh tokoh sepak bola Solo, Sastro Sakno. Mereka lalu berganti nama menjadi Persis Solo pada 1928.

2. PPSM Magelang (1919)

PPSM Magelang dibentuk pada 15 Maret 1919. Klub ini awalnya dibentuk dengan nama Perhimpunan Sepak Bola Magelang atau IVBM. Sayangnya, sejak era kemerdekaan klub ini gak pernah bertanding di kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Baca Juga: Persis Solo Tahan Imbang Tuan Rumah JDT dalam Laga Uji Coba di Malaysia

1. PSM Makassar (1915)

PSM Makassar adalah klub tertua di Indonesia lantaran dibentuk pada 2 November 1915. Awalnya, klub ini bernama Makassar Football Bone yang merupakan gabungan antara putra dari elite Belanda dengan putra pribumi Makassar.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dewi Kania
Hendry Kurniawan
TERKAIT DENGAN INI
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US