The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bersinar! Mo Salah Jadi Pemain Afrika yang Cetak Gol Terbanyak di Liga Premier Inggris
Mohamed Salah, striker Liverpool dan Mesir (REUTERS/PHIL NOBLE)
Soccer

Bersinar! Mo Salah Jadi Pemain Afrika yang Cetak Gol Terbanyak di Liga Premier Inggris

Selasa, 26 Oktober 2021 17:57 WIB 26 Oktober 2021, 17:57 WIB

INDOZONE.ID - Benua Afrika telah mengirimkan banyak pemain top ke Liga Premier Inggris selama 29 tahun terakhir.

Mulai dari bek tangguh, gelandang serba bisa, hingga striker hebat datang dari negara-negara seperti Mesir, Nigeria, Kamerun, dan banyak lagi.

Lantas siapakah pemain Afrika yang paling banyak mencetak gol di papan atas Inggris? Berikut rinciannya yang dihimpun dari Livescore, Selasa (26/10/2021).

1. Mohamed Salah (107 gol — Chelsea dan Liverpool)

Hanya sedikit yang mengira Mohamed Salah akan berada di urutan teratas daftar ini ketika Chelsea menjualnya ke Roma pada 2015 setelah hanya mencetak 2 gol dalam 13 penampilan di liga Inggris.

Namun, sejak Salah pindah dari Roma ke Liverpool pada 2017, ia telah menunjukkan kehebatannya sebagai pemain depan kreatif sekaligus produktif.

Pemain Mesir itu telah 2 kali menjadi pencetak gol terbanyak liga dan 32 gol yang ia kolekssi di musim pertamanya di Anfield adalah gol terbanyak yang dicetak pemain mana pun dalam 38 pertandingan Liga Premier.

Pemenang 2 kali penghargaan Pemain Terbaik Afrika Tahun Ini itu juga melampaui catatan Didier Drogba dengan hat-trick luar biasa dalam kemenangan 5-0 Liverpool atas Manchester United, Minggu (24/10/2021).

2. Didier Drogba (104 gol — Chelsea)

Legenda Chelsea, Drogba mengakhiri 2 musim dengan Sepatu Emas saat ia memenangkan gelar Liga Premier Inggris 3 kali dalam 8 tahun pertamanya di Stamford Bridge.

Baca Juga: Jarred Gillett Jadi Wasit Asing Pertama yang Pimpin Pertandingan Liga Premier Inggris

Pemain internasional Pantai Gading itu kemudian kembali untuk periode kedua selama 1 musim bersama The Blues, mencetak 4 gol lagi dan mengamankan gelar keempatnya.

Seorang striker tangguh yang memberikan mimpi buruk bagi para bek, Drogba memiliki kecenderungan untuk menghasilkan serangan spektakuler serta mengendus peluang di dalam kotak penalti.

3. Sadio Mane (100 gol — Southampton dan Liverpool)

Pemain depan Liverpool, Sadio Mane mencapai tonggak 100 gol dalam kemenangan 5-0 di Watford bulan ini.

Dalam 67 pertandingan untuk Southampton, ia mencetak 21 gol, tetapi kepindahannya ke Anfield lah yang membuat Mane menandai dirinya sebagai salah satu pemain hebat Afrika.

Pemain internasional Senegal itu mencetak 22 gol ketika Liverpool finis di urutan kedua setelah Manchester City pada musim 2018-19, sebelum mencetak 18 gol saat The Reds mengakhiri penantian 30 tahun mereka untuk gelar Liga Premier Inggris setahun kemudian.

4. Emmanuel Adebayor (97 gol — Arsenal, Manchester City, Tottenham, Crystal Palace)

Meskipun mencetak hampir 100 gol di kompetisi papan atas, Emmanuel Adebayor mungkin paling dikenal karena salah satu selebrasi paling kontroversial dalam 20 tahun terakhir.

Tak lama setelah pindah dari Arsenal ke Manchester City, Adebayor mencetak gol ke gawang mantan klubnya dan berlari di sepanjang lapangan untuk merayakannya di depan para pendukung tim tandang.

Tiga tahun di Emirates adalah masa terbaiknya saat ia mencetak 46 gol dalam 104 pertandingan serta memenangkan penghargaan Pemain Terbaik Afrika tahun 2008.

Artikel Menarik Lainnya:


Fahmy Fotaleno
Laila Rahmi Batubara
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US