The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sindir Barcelona yang Boros di Bursa Transfer, Klopp: Kalau Gak Punya Uang Jangan Belanja!
Jurgen Klopp, pelatih Liverpool. (REUTERS/Peter Powell)
Soccer

Sindir Barcelona yang Boros di Bursa Transfer, Klopp: Kalau Gak Punya Uang Jangan Belanja!

Rabu, 17 Agustus 2022 03:33 WIB 17 Agustus 2022, 03:33 WIB

INDOZONE.ID - Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp menyindir Barcelona yang dinilainya terlalu boros belanja pemain di bursa transfer musim panas 2022 ini.

Barcelona diketahui merekrut sejumlah pemain bintang menjelang musim baru 2022/2023 seperti Robert Lewandowski, Raphinha dan Jules Kounde di tengah krisis finansial yang merongrong klub.

Namun, tim Catalan tidak lantas bisa semua mendaftarkan pemain barunya ke LaLiga karena terhambat ambang batas gaji.

Terkini, Barca baru bisa mendaftarkan 4 dari 5 pemain barunya yakni Robert Lewandowski, Raphinha, Franck Kessie dan Andreas Christensen. Sementara itu Jules Kounde yang diboyong dari Sevilla belum bisa diregistrasi.

Klopp pun merasa tidak habis pikir kenapa Barcelona bisa merogoh kocek hingga Rp1,7 triliun untuk belanja pemain di bursa transfer musim panas ini sementara mereka sedang krisis finansial karena terlilit utang.

"Tidak, (saya tidak mengerti) karena saya bukan ahli keuangan," kata mantan manajer Bayern Munich itu kepada media Jerman, Bild.

Baca Juga: Gabung Barcelona, Lewandowski Singgung Pembantaian 2-8 Bayern: Gak Ada yang Ingat Lagi

"(Tapi) yang kedua (adalah) jika Anda memberi tahu saya bahwa saya tidak punya uang, maka saya tidak menghabiskan apa-apa lagi. Saya menonton ini seperti penggemar sepak bola, saya tidak mengerti," sambungnya.

Lebih lanjut, Klopp melihat situasi Barcelona yang kesulitan keuangan ini mirip dengan yang pernah dialami mantan klub asuhan Klopp, Borussia Dortmund. Dortmund pernah nyaris bangkrut sebelum Hans-Joachim Watzke mengambil alih pada 2005.

"Satu-satunya klub yang saya tahu pernah menjual stadion dan hak lainnya sebelumnya adalah Borussia Dortmund," tambahnya. 

"Aki Watzke harus datang pada detik terakhir dan menyelamatkan semuanya.Saya tidak tahu apakah ada Aki Watzke di Barcelona," sambungnya.

Adapun cara Barcelona melepaskan diri dari lilitan utangnya dengan menjual hak siar mereka serta menggandeng Spotify sebagai sponsor utama.

Hak siar Barcelona sudah diakuisisi perusahaan investasi global, Sixth Street sebesar 10 persen dalam jangka panjang.

Sementara itu, Spotify dilaporkan menyuntikkan dana sebesar Rp 4,6 triliun tapi Barca harus bersedia mengubah nama stadionnya menjadi Spotify Camp Nou.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US