Soal Nomor Punggung, Madrid Tak Pernah Istimewakan Pemain Baru
Eden Hazard/Twitter @infinitemadrid
Soccer

Soal Nomor Punggung, Madrid Tak Pernah Istimewakan Pemain Baru

Tanya saja Figo, Zidane, Beckham, dan dua Ronaldo

Riki Noviana
Minggu, 14 Juli 2019 08:16 WIB 14 Juli 2019, 08:16 WIB

Nomor punggung Eden Hazard di Real Madrid masih misteri. Sejumlah pihak menganggap, superstar Belgia itu layak mendapatkan nomor 7 peninggalan Cristiano Ronaldo. Tapi, kapten tim Sergio Ramos menilai ucapan tersebut tidak menghormati pemilik nomor 7 saat ini, Mariano Diaz.

Tapi sesungguhnya, Real Madrid dikenal tidak pernah memberikan nomor spesial kepada pemain baru mereka. Sebesar apapun kadar kebintangan si pemain, dia harus menggunakan nomor yang tidak digunakan pemain lain. 

Apalagi, musim ini bukan cuma Hazard yang belum 'kebagian' nomor punggung. Para pemain baru lainnya seperti Luka Jovic, Eder Militao, Ferland Mendy, dan Rodrygo Goes juga belum diberi nomor, kok. Jadi, ya sabar saja dulu...

Ketika masih membela Chelsea, Hazard mengenakan nomor punggung 10. Sebelumnya, dia sempat memakai nomor 17 ketika nomor 10 masih dipakai Juan Mata.

Sementara itu di Real Madrid, nomor punggung 10 masih dikuasai oleh Luka Modric. Sebagai pemain terbaik dunia, kapten Kroasia tentu tak rela melepas nomor tersebut kepada Hazard. Meski di timnas Belgia, Hazard juga identik dengan nomor istimewa tersebut.

Sekali lagi. Jika klub lain bisa memperlakukan seorang bintang seperti raja dalam urusan nomor punggung, Real Madrid tidak! Jangan pernah menganggap pemain berlabel superstar bisa merebut nomor punggung yang sudah dimiliki pemain lain. Ini sudah menjadi hukum tak tertulis di Los Blancos

Kita menengok ke belakang sebagai buktinya. Saat Luis Figo dibajak Real Madrid dari Camp Nou pada musim 2000-01, dia harus rela mengenakan nomor 10 lantaran nomor favoritnya 7 sudah dimiliki Pangeran Santiago Bernabeu, Raul Gonzalez. Kita semua tahu, di Barcelona dan dan timnas Portugal, winger flamboyan ini identik dengan nomor 7.

Luis
Luis Figo/Twitter @realmadrid

Lalu ada Zinedine Zidane. Meski di timnas Prancis memakai nomor 10 dan di Juventus memilih nomor 21, sang maestro harus rela mengenakan nomor 5 saat mendarat di Santiago Bernabeu pada musim 2001-02. Ya maklum saja, nomor 10 sudah dipakai Figo sementara nomor 21 sudah menjadi milik gelandang Argentina Santiago Solari.

Zinedine
Zinedine Zidane/Twitter @realmadrid

Kita tengok juga nomor punggung yang dipakai Ronaldo Luis Nazario de Lima. Legenda Brasil ini identik dengan nomor 9 saat bermain bersama Tim Samba, PSV Eindhoven dan Barcelona serta sejak musim kedua di Inter Milan. 

Tapi begitu Ronaldo bergabung ke Real Madrid pada musim 2002-03, ia harus rela mengenakan nomor 11 lebih dulu lantaran nomor 9 sudah dimiliki Fernando Morientes. Tapi enggak lama. Toh, semusim kemudian Morientes dipinjamkan ke Monaco dan meninggalkan nomor 9 tanpa tuan.

Ronaldo/Twitter
Ronaldo/Twitter @realmadrid

Tak terkecuali dengan pemilik nomor 7 sepanjang masa Manchester United dan timnas Inggris, David Beckham. Ketika berlabuh di Ibu Kota Spanyol pada 2003-04, Becks tidak diizinkan merebut nomor favoritnya dari ikon klub, Raul. Sebagai gantinya, ia memilih menggunakan nomor 23.

David
David Beckham/Twitter @realmadrid

 

Akhirnya kita tidak bisa melupakan tahun pertama superstar Portugal, Cristiano Ronaldo bersama Los Blancos. Datang dari MU pada musim 2009-10, CR7 harus pasrah mengenakan nomor 9 lantaran nomor tersebut masih milik sang kapten, Raul yang pada musim berikutnya hijrah ke Schalke.

Cristiano
Cristiano Ronaldo/Twitter @realmadrid

Maaf saja buat Hazard. Untuk urusan nomor punggung, di Real Madrid tidak ada yang diperlakukan seperti raja.
 

    Indozone Media