The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ada Cristiano Ronaldo, Tagihan Gaji Manchester United Bengkak 23 Persen
Cristiano Ronaldo (REUTERS/CRAIG BROUGH)
Soccer

Ada Cristiano Ronaldo, Tagihan Gaji Manchester United Bengkak 23 Persen

Menurut laporan keuangan terbaru klub.

Kamis, 18 November 2021 13:20 WIB 18 November 2021, 13:20 WIB

INDOZONE.ID - Tagihan gaji Manchester United dilaporkan meningkat 23 persen menyusul kembalinya Cristiano Ronaldo ke Old Trafford musim panas ini.

Ronaldo bergabung kembali dengan United setelah 12 tahun dengan mengantongi gaji sebesar 550.000 pounds (sekitar Rp 10,5 miliar) per minggu.

Ditambah lagi dengan perekrutan Raphael Varane, Jadon Sancho dan Tom Heaton yang menyebabkan pengeluaran Setan Merah meningkat tajam.

Menurut laporan keuangan terbaru klub, kembalinya Ronaldo dan pembelian 3 pemain lainnya di bursa transfer musim panas ini tagihan gaji United bertambah hampir 1,3 juta pounds (sekitar Rp 25 miliar) seminggu.

Gaji untuk 3 bulan menjelang 30 September saja meroket menjadi 88,5 juta pounds (naik sebesar 16,6 juta pounds) dan meningkat 23,1 persen dari kuartal tahunan sebelumnya.

Ronaldo pun menjadi penyumbang sebagian besar kenaikan pengeluaran itu, mengingat dirinya termasuk pemain dengan penghasilan tertinggi di klub dalam sejarah Liga Premier Inggris setelah ia bergabung kembali pada Agustus lalu.

Kendati demikian, pembengkakan pengeluaran United itu diimbangi dengan pemasukan sebesar 17,4 juta pounds (sekitar Rp 334 miliar) setelah penjualan pemain seperti Dan James ke Leeds United. Selain itu, MU juga kecipratan uang biaya penjualan transfer Romelu Lukaku dari Inter Milan ke Chelsea.

Baca JugaAntonio Rudiger Kurang Puas dengan Tawaran Gaji dari Chelsea

Secara keseluruhan, total pendapatan meningkat 16,1 persen menjadi 126,5 juta poundsterling (sekitar Rp 2,4 triliun). Hal ini juga sebagai dampak positif dari kembalinya penggemar ke stadion menyusul pencabutan pembatasan pandemi Covid-19.

Pendapatan klub per-matchday pun meningkat menjadi 18,8 juta pounds (sekitar Rp 360 miliar) dibandingkan dengan hanya 1,7 juta pounds (sekitar Rp 32 miliar) pada tahun sebelumnya, ketika pertandingan dimainkan secara tertutup.

Kenaikan pemasukan ini turut membantu penurunan kerugian operasional dari 27,1 juta pounds (sekitar Rp 518 miliar) menjadi 10,2 juta pounds (sekitar Rp 195 miliar) dibandingkan dengan musim 2020-21.

Pendapatan komersial MU juga naik 7,9 persen menjadi 64,4 juta pounds (sekitar Rp 1,2 triliun). Hal ini sebagian besar didorong oleh kedatangan Ronaldo, meskipun pria Portugal itu baru kembali ke klub pada bulan terakhir kuartal tersebut.

Alhasil, utang bersih klub menurun sedikit menjadi 439,7 juta pounds (sekitar Rp 8,42 triliun) pada 30 September dari tahun sebelumnya yang mencapai 440,6 juta pounds (sekitar Rp 8,44 triliun).

Terlepas dari laporan keuangan terbaru klub, wakil ketua eksekutif klub, Ed Woodward mengatakan kesuksesan di lapangan tetap menjadi prioritas dan mengatakan pelatih Ole Gunnar Solskjaer fokus pada tujuan itu.

“Sementara hasil keuangan hari ini menunjukkan ketahanan kami melalui pandemi, prioritas utama kami adalah kesuksesan di lapangan,” kata Woodward.

“Manajer, pemain, dan semua orang di klub bertekad untuk mencapai tujuan itu," lanjutnya.

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
Fahmy Fotaleno
Laila Rahmi Batubara
JOIN US
JOIN US