Renovasi Venue Piala Dunia U-20 Butuh Dana Ratusan Miliar
Stadion I Wayan Dipta termasuk dalam salah satu stadion yang terpilih sebagai venue Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. (Dok. Bali United)
Soccer

Renovasi Venue Piala Dunia U-20 Butuh Dana Ratusan Miliar

Berikut ini rinciannya.

Jumat, 31 Januari 2020 13:11 WIB 31 Januari 2020, 13:11 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah Indonesia terus mempersiapkan diri jelang penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021. Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus memberikan arahan terkait kesiapan infrastruktur.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), melalui Ditjen Cipta Karya, mendapat kepercayaan dari Presiden Jokowi untuk mendukung penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Termasuk di antaranya renovasi stadion dan lapangan latihan. 

Kepala Pusat Pengembangan sarana Prasarana Pendidikan, Olahraga, dan Pasar (PSPPOP) Iwan Suprijanto mengatakan, setidaknya dibutuhkan biaya mencapai Rp300 miliar untuk melakukan 'penyegaran' venue yang akan digunakan.

Dana itu akan digunakan untuk merenovasi dua venue utama (Stadion Pakansari dan Stadion I Wayan Dipta), tiga lapangan latihan (Sriwedari Solo, Sultan Agung Bantul, Delta Sidoarjo), 12 lapangan pendukung, dan dua lapangan baru di Yogyakarta.

Untuk renovasi Stadion Pakansari dan I Wayan Dipta, perkiraan dana yang dibutuhkan senilai Rp15-170 miliar. Sementara rehab tiga lapangan latihan dan 12 lapangan pendukung ditaksir mencapai Rp120 miliar. Sedangkang untuk pembangunan dua lapangan baru diprediksi memakan biaya hingga Rp10 miliar 

"Ditargetkan perbaikan seluruh venue utama dan lapangan latihan selesai pada Desember 2020," ujar Iwan dalam situs resmi Sekretariat Kabinet.

6 Stadion Piala Dunia U-20

Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) sudah menetapkan enam stadion yang akan jadi venue Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. Sebelumnya, ada 10 nama stadion yang disodorkan. 

Berikut ini adalah enam stadion yang dipilih FIFA untuk venue Piala Dunia U-20 di Indonesia:

  1. Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta
  2. Stadion Pakansari Bogor
  3. Stadion Manahan Solo
  4. Stadion Mandala Krida Yogyakarta
  5. Stadion Bung Tomo Surabaya
  6. Stadion I Wayan Dipta Bali 

Di samping itu, ada empat stadion lain yang disiapkan sebagai cadangan, yaitu Stadion Gelora Sriwijaya Palembang, Stadion Patriot Chandrabaga Bekasi, Stadion Wibawa Mukti Cikarang dan Stadion Jalak Harupat Bandung.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fauzi
Muhammad Wirawan Kusuma

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU