The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Waduh, Utang Barcelona Rp1,8 Triliun ke Klub-klub Lain Bocor
Sesi latihan Barcelona (REUTERS/Albert Gea)
Soccer

Waduh, Utang Barcelona Rp1,8 Triliun ke Klub-klub Lain Bocor

Urusan transfer pemain.

Selasa, 05 Oktober 2021 12:15 WIB 05 Oktober 2021, 12:15 WIB

INDOZONE.ID - Barcelona masih berutang sekitar 98 juta poundsterling atau setara Rp1,8 triliun kepada beberapa klub Eropa lainnya.

Barca berutang kepada klub lain untuk urusan transfer pemain dalam beberapa tahun terakhir. Laporan sebelumnya menyebutkan total utang klub ke klub lain sudah berkurang 28,4 persen.

Menurut Marca, informasi tentang utang biaya transfer bocor menjelang pernyataan resmi Presiden klub Joan Laporta dan direktur umum Barcelona Fran Reverter pada hari Rabu waktu setempat. Kedua pejabat Blaugrana itu dijadwalkan untuk berbicara kepada pers tentang hasil audit keuangan ekstensif yang diminta ketika mereka mengambil alih klub kembali pada bulan Maret.

Baca Juga: Barcelona Lagi Melempem, Ancelotti: Mereka Masih Masuk Kandidat Juara

Rincian utang ke klub lain juga telah bocor dalam laporan tersebut. Raksasa Catalan itu diduga masih berutang kepada klub Serie A Juventus FC sebesar 39 juta euro atau Rp644,7 miliar yang berasal dari penandatanganan Miralem Pjanic.

Ajax Amsterdam juga masih mengharapkan pelunasan utang 32 juta euro atau setara Rp528,9 miliar untuk Frenkie de Jong dan 16 juta euro atau Rp264 miliar untuk Sergino Dest, sehingga total utang Barcelona kepada klub Belanda itu mencapai 48 juta euro atau setara Rp793,3 miliar. Sementara itu, Barcelona juga masih berutang kepada Liverpool sebesar 13 juta euro atay Rp214 miliar lagi untuk transfer Philippe Coutinho.

Sebagian besar klub biasanya memiliki saldo terutang dengan klub lain untuk transfer pemain, dengan skema pembayaran yang dilakukan di beberapa musim. Namun, untuk raksasa Catalan itu, jumlahnya mengejutkan mengingat fakta bahwa mereka juga berjuang untuk memangkas tagihan upah mereka.

Pandemi virus corona membuat pendapatan Barcelona turun secara signifikan karena lokcdown dan pembatasan kesehatan. Klub mencatat kerugian 481 juta euro musim lalu (Rp7,9 triliun) membuat Barca melakukan pemotongan anggaran besar-besaran dari jumlah pra-pandemi sebesar 1.047 juta euro (Rp17 triliun) menjadi hanya 765 juta euro (Rp12 triliun).

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Lanjar Wiratri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US