The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kenakan Ban Kapten Pelangi Pro LGBT, Manuel Neuer Sempat Diselidiki UEFA
Manuel Neuer, kiper dan kapten timnas Jerman. (photo/REUTERS/MATTHIAS HANGST)
Soccer

Kenakan Ban Kapten Pelangi Pro LGBT, Manuel Neuer Sempat Diselidiki UEFA

Senin, 21 Juni 2021 09:25 WIB 21 Juni 2021, 09:25 WIB

INDOZONE.ID - Badan sepak bola Eropa alias UEFA sempat melakukan penyelidikan terhadap penjaga gawang sekaligus kapten tim nasional Jerman, Manuel Neuer yang memakai ban kapten pelangi pro LGBT selama 2 pertandingan babak penyisihan grup EURO 2020.

Kiper Bayern Munich itu disebut mengenakan ban kapten pelangi dalam rangka memberi dukungan pada komunitas LGBT selama Pride Month (Bulan Kebanggaan).

Neuer telah mengenakan ban kapten berwarna pelangi selama pertandingan EURO 2020 melawan Prancis dan Portugal. 

Dia juga memakainya dalam kemenangan persahabatan pra-turnamen melawan Latvia.

Sebelumnya, UEFA melarang para pemain atau tim memakai simbol politik atau demonstrasi semacam itu.

Namun kini, asosiasi sepak bola Jerman atau DFB mengonfirmasi pada Minggu (20/6/2021) bahwa UEFA telah menghentikan penyelidikan terhadap Neuer.

"UEFA telah memberi tahu FA Jerman bahwa mereka telah menghentikan penyelidikan mereka tentang ban kapten yang dikenakan oleh Manuel Neuer," bunyi pernyataan resmi DFB di Twitter.

"Dalam surat itu, ban kapten pelangi dievaluasi sebagai tanda dukungan untuk keragaman dan dengan demikian untuk 'tujuan baik'."

Christian Rudolph, anggota Dewan LSVD (Federasi Lesbian dan Gay Jerman) termasuk kalnagan yang mengecam UEFA atas penyelidikan terhadap Neuer tersebut.

"Itu tidak dapat diterima. Ini adalah tanda yang fatal. Kami saat ini berada di Bulan Kebanggaan dan pada acara olahraga paling penting bulan ini haruskah pemakaian ban kapten pelangi dicegah?," katanya.

"UEFA juga perlu memikirkan siapa yang diwakilinya. Bagaimana seharusnya para atlet memikirkannya sekarang? Kami berkomitmen untuk membuka sepakbola."

"Dan bulan ini kami juga ingin mengirimkan sinyal kepada semua atlet dari komunitas LGBTI. Penting bagi kami bahwa Neuer dapat mengenakan ban kapten pelangi selama sebulan penuh. Ini sekarang nilai-nilai yang diwakili DFB."

Selain itu, Jerman juga berencana untuk meramaikan Allianz Arena Munich dengan warna pelangi untuk pertandingan selanjutnya melawan Hungaria, Kamis (24/6/2021) dini hari WIB.
 

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Laila Rahmi Batubara

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US