The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Profil Timnas Brasil: Menanti Taji Tim Samba Hentikan Dominasi Eropa di Piala Dunia!
Pemain Timnas Brasil melakukan selebrasi (REUTERS)
Soccer

Profil Timnas Brasil: Menanti Taji Tim Samba Hentikan Dominasi Eropa di Piala Dunia!

Kamis, 22 September 2022 20:10 WIB 22 September 2022, 20:10 WIB

INDOZONE.ID - Timnas Brasil akan mencoba menghentikan dominasi negara-negara Eropa di Piala Dunia 2022 mendatang. Pasalnya, sejak 2006 juara Piala Dunia selalu datang dari Benua Biru.

Terakhir kali ada negara di luar Eropa yang mampu menjadi juara dunia adalah pada 2002. Kala itu Timnas Brasil berhasil menjadi kampiun usai menumbangkan Timnas Jerman di partai final.

Sayangnya, sejak saat itu Brasil justru nampak kesulitan untuk bisa meraih kejayaan lagi. Bahkan, Tim Samba tak pernah lagi menembus partai final Piala Dunia.

Komposisi Skuad

Catatan buruk Timnas Brasil di Piala Dunia sejak 16 tahun lalu itu bisa saja berakhir di 2022 ini. Pasalnya, Brasil menjadi salah satu negara dengan kedalaman skuad paling oke di Piala Dunia 2022 nanti.

Saat ini banyak pemain Brasil dari berbagai posisi yang mencatatkan penampilan gemilang di Eropa. Di sektor penjaga gawang misalnya, mereka punya dua kiper top dalam diri Alisson Becker dan Ederson Moraes.

Baca Juga: Profil Timnas Prancis: Bisakah Les Bleus Patahkan Kutukan Juara Bertahan Piala Dunia?

Sementara untuk posisi bek tengah, Brasil punya sosok-sosok tangguh seperti Thiago Silva, Marquinhos, Eder Militao, hingga Gabriel Magalhaes. Untuk posisi fullback terdapat Alex Sandro, Danilo, hingga Alex Telles.

Timnas Brasil
Skuad Timnas Brasil (REUTERS)

Sektor tengah Brasil juga tak kalah mumpuni dengan pemain-pemain seperti Casemiro, Fabinho, Lucas Paqueta, Philippe Coutinho, hingga Arthur Melo. Sementara lini serang Tim Samba tentunya tak perlu dipertanyakan lagi.

Saat ini klub-klub top Eropa banyak menggunakan jasa winger Brasil. Ada Neymar Jr di PSG, Vinicus Jr dan Rodrygo Goes (Real Madrid), Raphinha (Barcelona), hingga Antony (Man United). Posisi ujung tombak bisa diisi oleh Gabriel Jesus yang sedang gacor di Arsenal.

Pemain Andalan

Untuk pemain andalan, Timnas Brasil diyakini akan menjadikan Neymar Jr sebagai tumpuan utama. Sebab, saat ini sang pemain sedang dalam performa terbaiknya bersama PSG.

Sepanjang bergulirnya musim kompetisi 2022-2023 ini, Neymar telah mencatatkan 11 gol dan delapan assist dari 11 kali penampilan bersama Les Parisiens. Jika Neymar terus berada dalam keadaan sehat, bukan tak mungkin ia akan memimpin Brasil menjadi juara dunia.

Sejarah di Piala Dunia

Hingga saat ini Timnas Brasil menjadi yang paling banyak menjuarai Piala Dunia, yakni lima kali. Pertama kali mereka meraih trofi prestisius tersebut adalah pada 1958.

Baca Juga: Mbappe Bikin Ulah, Timnas Prancis Terancam Kehilangan Sponsor

Kala itu, Pele yang masih remaja tampil sangat impresif dengan permainan indahnya di atas lapangan. Ia menari-nari di atas lapangan sambil terus menggiring bola yang membuat banyak orang terkesima.

Permainan indah yang ditunjukkan Pele itu kemudian dinamai Joga Bonito dan menjadi identitas sepak bola Brasil. Di ajang Piala Dunia 1958 tersebut, Brasil menumbangkan Timnas Swedia di partai final dengan skor 5-2.

Setelah itu Brasil kembali menjadi juara Piala Dunia pada edisi 1962, 1970, 1994, dan 2002. Kini 20 tahun telah berlalu sejak Brasil menjadi kampiun Piala Dunia, mampukah mereka mengangkat trofi di Qatar?

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US