The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

FIFA Resmi Terapkan Teknologi Semi-otomatis Offside di Piala Dunia 2022 Qatar
Logo Piala Dunia 2022 Qatar. (REUTERS/Quetzalli Nicte-Ha)
Soccer

FIFA Resmi Terapkan Teknologi Semi-otomatis Offside di Piala Dunia 2022 Qatar

Canggih kah?

Sabtu, 02 Juli 2022 09:17 WIB 02 Juli 2022, 09:17 WIB

INDOZONE.ID - Induk sepak bola dunia FIFA membuat terus membuat terobosan dengan sejumlah penggunaan teknologi guna membantu kinerja wasit. Teranyar FIFA telah resmi akan menerapkan teknologi semi-otomatis offside di Piala Dunia 2022 Qatar.

Teknologi tersebut bakal membantu mempercepat pengambilan keputusan soal offside, yang selama ini memakan waktu 70 detik via Video Assistant Referee (VAR) menjadi lebih singkat. 

Menurut laporan dari beberapa sumber, kecepatan pengambilan keputusan semi-otomatis Offside hanya akan memakan waktu sekira 25-30 detik saja. Dalam penerapannya, dibutuhkan 12 kamera di bawah atap stadion, yang semuanya terhubung satu sama lain.

Kemudian, di bola Piala Dunia 2022 nantinya bakal terpasang chip yang akan mengirim data ke ruang operasi video. Kecepatannya disebut-sebut bakal mencapai 500 kali per detik.

Pierluigi Collina selaku Ketua Komite Wasit FIFA sangat berharap bahwa teknologi ini dapat diterima oleh para pecinta sepak bola Dunia. Ia juga menegaskan bahwa wasit masih akan menjadi pengambil keputusan di lapangan.

Baca Juga: 1,8 Juta Tiket Piala Dunia 2022 Terjual, Negara Teluk Paling Banyak

"Saya telah mendengar banyak tentang 'wasit robot'. Saya mengerti, terkadang, ini sangat bagus untuk berita utama, tetapi ini tidak terjadi. Dengan kata lain, penilaian mengganggu lawan tetap menjadi tanggung jawab ofisial pertandingan," ucap Collina, seperti disadur dari Daily Mail, Sabtu (2/7/2022).

Collina juga menjawab soal kritikan pecinta sepak bola soal lamanya waktu seorang wasit untuk mengambil keputusan offside dalam sebuah pertandingan. Ia menjelaskan bahwa sangat mustahil jika seorang wasit hanya butuh waktu singkat untuk memberikan jawaban.

"Demikian pula, saya mendengar (orang mengatakan butuh) empat atau lima detik untuk mendapatkan keputusan offside. Tentu saja, kami tidak bisa mendapatkan jawaban dalam waktu empat atau lima detik. Ini harapan yang salah," sambungnya.

"Kami akan lebih cepat. Kami akan lebih akurat, ini adalah tujuan dari teknologi offside semi-otomatis," pungkas eks wasit asal Italia tersebut.

Sekadar informasi, gelaran Piala Dunia 2022 Qatar sendiri bakal berlangsung pada 21 November hingga 18 Desember mendatang. Sebanyak 32 negara bakal saling sikut untuk membawa pulang trofi Piala Dunia tahun ini.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Mochamad Rezhatama Herdanu
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US