The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Profil Timnas Belgia: Kesempatan Terakhir Generasi Emas Buktikan Diri
Pemain Timnas Belgia melakukan selebrasi (REUTERS/Yves Herman)
Soccer

Profil Timnas Belgia: Kesempatan Terakhir Generasi Emas Buktikan Diri

Rabu, 12 Oktober 2022 14:57 WIB 12 Oktober 2022, 14:57 WIB

INDOZONE.ID - Beberapa tahun lalu Timnas Belgia digadang-gadang bakal menjadi kekuatan yang menyeramkan karena memiliki pemain-pemain muda berbakat. Diisi oleh sosok-sosok seperti Eden Hazard, Romelu Lukaku, Kevin De Bruyne, hingga Thibaut Courtois, mereka pun dijuluki sebagai Generasi Emas Belgia.

Sayangnya, hingga saat ini Generasi Emas Timnas Belgia itu belum bisa menghasilkan trofi apa pun. Kini, para pemain tersebut sudah memasuki usia 30 tahun dan tak ada jaminan bakal bisa mempertahankan performa puncaknya.

Eden Hazard yang begitu menggila bersama Chelsea bahkan kini hanya menjadi penghangat bangku cadangan di Real Madrid. Romelu Lukaku pun sedang berjuang untuk pulih dari cedera setelah pada musim lalu gagal bersinar di Chelsea.

Maka dari itu, Piala Dunia 2022 bisa jadi kesempatan terakhir bagi Generasi Emas Timnas Belgia ini untuk unjuk gigi. Di Piala Dunia 2022 sendiri, Belgia tergabung di Grup F bersama Maroko, Kroasia, dan Kanada.

Komposisi Skuad

Materi pemain Timnas Belgia sebetulnya terbilang oke. Mereka punya cukup banyak sosok-sosok berpengalaman yang bisa sangat membantu kinerja tim.

Timnas Belgia
Skuad Timnas Belgia (REUTERS/Yves Herman)

Mereka adalah Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Thomas Meunier, Axel Witsel, Yannick Carrasco, hingga Dries Mertens. Biasa bermain di level tertinggi, kehadiran mereka jelas sangat penting di tim.

Baca Juga: Profil Timnas Portugal: Tentang Selecao yang Tak Lagi Digendong Cristiano Ronaldo di Qatar

Selain masih diperkuat oleh Generasi Emas, para pemain muda mereka juga terbilang menjanjikan. Salah satunya adalah Charles De Ketelaere.

Ia adalah pemain versatile yang bisa mengisi pos gelandang serang, winger, maupun penyerang tengah. Musim lalu De Ketelaere mencatatkan performa impresif di Club Brugge. Sayangnya, musim ini ia belum bisa menunjukkan penampilan terbaiknya di klub barunya, AC Milan.

Pemain Andalan

Kevin De Bruyne diyakini akan menjadi pemain kunci dan andalan Timnas Belgia di Piala Dunia 2022 nanti. Meski saat ini De Bruyne sudah berusia 31 tahun, performanya masih sangat memuaskan.

Kevin De Bruyne
Gelandang Timnas Belgia, Kevin De Bruyne (REUTERS/Yves Herman)

Gelandang Manchester City ini punya visi bermain yang sangat bagus. Selain itu, ia juga punya atribut mengumpan yang akurat. Hal ini membuat De Bruyne kerap menciptakan berbagai peluang bagi tim.

Baca Juga: Profil Timnas Jerman: Mampu Jawab Keraguan di Qatar, Der Panzer?

Apabila dibutuhkan, De Bruyne juga bisa menjadi pencetak gol karena punya kemampuan menembak yang sama baiknya. Saat ini De Bruyne masih menjadi salah satu playmaker terbaik di dunia.

Sejarah di Piala Dunia

Prestasi terbaik Timnas Belgia di Piala Dunia terjadi pada edisi 2018. Ketika itu De Rode Duivels mampu melaju hingga babak semifinal. Sayangnya, mereka dikalahkan oleh Timnas Prancis dengan skor tipis 0-1.

Kendati demikian, dalam perebutan posisi ketiga melawan Inggris, Belgia mampu menang dengan skor 2-0 dan mendapatkan hadiah hiburan.

Pada Piala Dunia 1986, Belgia sebenarnya juga mampu melaju sampai semifinal dan mengalami kekalahan. Hanya saja, kala itu mereka takluk dari Prancis dalam pertandingan memperebutkan posisi ketiga.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US