FIFA Bakal Pakai Dana Simpanan Bantu Keuangan Klub Akibat Virus Corona
FIFA siap gunakan dana simpanan untuk bantu finansial klub terdampak Corona. (REUTERS/Arnd Wiegmann)
Soccer

FIFA Bakal Pakai Dana Simpanan Bantu Keuangan Klub Akibat Virus Corona

Rabu, 01 April 2020 18:47 WIB 01 April 2020, 18:47 WIB

INDOZONE.ID - FIFA tengah meninjau rincian inisiatif  "Marsekal Sepak Bola" yang dirancang membantu kesulitan finansial sejumlah klub yang krisis akibat pandemi virus Corona.

Apabila rencana ini terealisasi, maka FIFA akan merogoh sebesar 2,7 miliar dolar AS atau sekitar Rp44 triliun dana simpanan mereka.

FIFA membentuk sebuah grup untuk memetakan masalah yang ditimbulkan karena penundaan berbagai kompetisi akibat pandemi virus Corona. Pada pekan ini diharapkan sudah ada hasil soal penyaluran dana untuk klub-klub yang terdampak.

Jubir FIFA mengatakan bahwa pihaknya menyadari ada ancaman keuangan serius terhadap klub-klub sepak bola akibat pandemi virus Corona.

"Hal ini mengancam bakal merusak kemampuan para anggota FIFA dan berbagai organisasi sepak bola seperti liga dan klub untuk mengembangkan, membiayai dan menjalankan aktivitas sepak bola mereka di semua level, baik profesional, amatir, pembinaan maupun akar rumput," demikian kata juru bicara sumber Reuters tersebut, Selasa malam.

"Bisa diprediksi di banyak belahan dunia mereka yang terlibat dalam sepak bola putra maupun putri akan terjebak dalam kesulitan ekonomi kritis," ujarnya menambahkan.

Oleh karena itu, mengingat FIFA memiliki keuangan yang cukup sehat, maka sudah sewajarnya mereka memberikan bantuan.

Hal itu selaras dengan pernyataan Gianni Infantino saat berkampanye pemilihan presiden FIFA pada 2016 yang menyatakan: "Uang FIFA adalah uang para anggota, bukan kepunyaan Presiden FIFA"

Virus Corona membuat hampir semua kompetisi sepak bola di dunia ditangguhkan. Bahkan akibat virus asal Wuhan ini, Eueo dan Copa America bakal ditunda sampai tahun depan.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Victor Median

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US