The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sederet Fasilitas Bintang 5 Ada di JIS, Seperti Ruang Ganti Pemain Dilengkapi Jacuzzi
Jakarta International Stadium (JIS). (Jafriyal/Z Creators)
Soccer

Sederet Fasilitas Bintang 5 Ada di JIS, Seperti Ruang Ganti Pemain Dilengkapi Jacuzzi

Selasa, 26 Juli 2022 11:03 WIB 26 Juli 2022, 11:03 WIB

INDOZONE.ID - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya meresmikan Jakarta International Stadium (JIS) pada Minggu (24/7/2022). Stadion yang berdiri di atas lahan 66,6 hektare ini memiliki sederet fasilitas dan sarana mewah bak stadion Eropa. Dalam sambutannya Anies berharap JIS bisa menjadi stadion kelas dunia.

"Waktu itu saya sampaikan pesan. Kesebelasan kelas dunia, suporter kelas dunia dan semoga stadion juga akan kelas dunia," ujar Anies. 

jis
Jakarta International Stadium (JIS). (Jafriyal/Z Creators)

Salah satu fasilitas kelas dunia yang berada di JIS adalah ruang ganti pemain yang memiliki luas sama dengan dua lapangan bulutangkis. Terdiri dari 20 tempat duduk untuk pemain mempersiapkan diri sebelum bertanding.

Di ruangan ini pula pelatih bisa menjelaskan strategi sebelum bertanding. Pada bagian pintu masuk ruangan dengan tiga selang angin kompresor langsung menyambut pemain sebelum masuk ruang ganti. 

jis
Jacuzzi di Jakarta International Stadium (JIS). (Jafriyal/Z Creators)

Kompresor angin tersebut digunakan untuk membersihkan sepatu pemain yang kotor karena tanah dan rumput yang menempel. Dan fasilitas yang paling menarik perhatian di ruang ganti adalah jacuzzi.

Jacuzzi adalah sebuah kolam besar untuk berendam. Jacuzzi umumnya ditemukan di hotel atau tempat spa. Keberadaan jacuzzi ini sangat dibutuhkan bagi para pemain untuk mengembalikan kondisi tubuh setelah bermain. 

jis
Ruang ganti Jakarta International Stadium (JIS). (Jafriyal/Z Creators)

Di samping ruang ganti ada ruang pemanasan. Ruang yang dilapisi rumput sintetis dan diberi jaring pengaman ini memiliki luas dua kali lapangan futsal. JIS memiliki sejarah panjang dalam pembangunannya.

Pembangunan awal JIS  diinisiasi oleh Fauzi Bowo, Gubernur DKI Jakarta sebelum Joko Widodo di tahun 2008. Di masa Fauzi Bowo, JIS yang kita kenal sekarang masih bernama Taman Bersih Manusiawi Wibawa (BMW) atau Taman BMW. Penggunaan BMW pun sempat tercetus sebagai nama stadion.

jis
Jakarta International Stadium (JIS). (Jafriyal/Z Creators)

Saat itu Taman BMW memiliki luas 66,6 hektare yang didapat Pemprov DKI Jakarta dari utang penyediaan lahan fasilitas sosial dan fasilitas umum tujuh perusahaan swasta.

Lanjut di era Joko Widodo harapan Jakarta untuk memiliki stadion terbuka kembali setelah Stadion Lebak Bulus dirobohkan untuk menjadi Stasiun MRT Lebak Bulus. Taman BMW pun dicanangkan menjadi lokasi stadion pengganti Stadion Lebak Bulus.

Singkat cerita di masa eks Wali Kota Solo tersebut, Pemprov DKI Jakarta berhasil membuktikan kepemilikan sertifikat Taman BMW. Di era Gubernur Djarot Saiful Hidayat, Pemprov DKI Jakarta akhirnya merealisasikan pembangunan JIS dengan peletakan batu pertama. 

jis
Jakarta International Stadium (JIS). (Jafriyal/Z Creators)

Lewat tangan politikus PDIP tersebut izin hak pakai lahan dikantongi Pemprov DKI Jakarta yang terbit 18 Agustus 2017. Dua tahun setelah peletakkan batu pertama pembangunan,saat Anies Baswedan menjabat sebagai gubernur pembangunan mulai dilakukan. 

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut menunjuk BUMD, PT Jakarta Propertindo sebagai developer. Proyek ini pun rampung dalam waktu tiga tahun setelah memakan biaya sebesar Rp4,4 triliun.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators
TAG
Yayan Supriyanto
Jafriyal
Jafriyal

Jafriyal

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US