The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hasil Piala Dunia 2022: Taklukan Senegal dengan Skor 3-0, Inggris Melaju ke Perempat Final
Bukayo Saka, Harry Kane, dan Phil Foden merayakan kemenangan timnas Inggris. (REUTERS/Kai Pfaffenbach)
Soccer

Hasil Piala Dunia 2022: Taklukan Senegal dengan Skor 3-0, Inggris Melaju ke Perempat Final

Senin, 05 Desember 2022 04:13 WIB 05 Desember 2022, 04:13 WIB

INDOZONE.ID - Timnas Inggris berhasil menaklukan timnas Senegal dengan skor akhir 3-0 dan membuat The Three Lions melaju ke perempat final. Pertandingan yang digelar di Stadion Al Bayt, Senin (5/11/2022) pagi itu membuat The Three Lions melaju untuk bertemu dengan Prancis.

Di sisi lain, gol pertama Inggris dipersembahkan oleh Henderson setelah mendapatkan umpan dari Jude Bellingham. Umpan silang itu berhasil membungkam timnas Senegal dan memperlihatkan taring dari Inggris.

Gol kedua berhasil diciptakan oleh sang kapten timnas Inggris, Harry Kane di menit tambahan babak pertama setelah mendapatkan umpan brilian dari Jude Bellingham. Dua gol ini membuktikan timnas Inggris sulit untuk diremehkan.

Sementara gol ketiga dari timnas Inggris berhasil diraih dengan sangat indah oleh Bukayo Saka setelah Phil Foden dan Harry Kane membuat kolaborasi dan chemistry yang epik dalam memainkan bola.

Baca juga: Hasil Piala Dunia 2022: Inggris Unggul 2-0 dari Senegal, The Three Lions Akhirnya Bangun!

Babak Pertama

timnas inggris
Timnas Inggris merayakan gol saat melawan Senegal. (REUTERS/Marko Djurica)

Pertandingan antara Inggris vs Senegal di babak pertama memperlihatkan bagaimana timnas Senegal berusaha secepat mungkin untuk mencetak gol dan membuat unggul atas The Three Lions.

Meski begitu, timnas Senegal tidak dapat memulai ancaman dari pemain Boulaye Dia karena Harry Maguire dapat menghentikan serangan dan membuat keadaan tetap baik.

Malah sebaliknya, timnas Inggris beradaptasi dengan cepat dalam permainan dan sekarang mendominasi penguasaan bola. Bermain secara tenang, The Three Lions justru membuat Lions of Teranga kesulitan karena terus mendapatkan serangan.

Di menit 36' Senegal masih melakukan serangan dan berhasil melepaskan tendangan ke arah gawang Inggris. Namun sayangnya, serangan yang cukup kuat dan tepat sasaran justru berhasil ditangkap oleh kiper timnas Inggris.

inggris vs sengal
Statistik pertandingan Inggris vs Senegal. (REUTERS)

Membalas serangan itu, pada menit 38', The Three Lions bangun dari singgasananya dan membuat timnas Senegal terkejut karena berhasil menciptakan gol pertama yang dibuat oleh Henderson.

Pemain dari klub Liverpool FC itu berhasil masuk ke dalam kotak penalti dan memberikan tendangan yang cukup kuat ke sudut gawang, yang tak dapat ditangkis oleh kiper timnas Senegal. Kini, Inggris unggul 1-0 dari Senegal.

Babak pertama yang seharusnya berakhir dengan 2 menit tambahan, justru membuat timnas Inggris mendapatkan kembali satu gol baru. Gol itu diciptakan oleh sang kapten Inggris, Harry Kane setelah menerima umpan dari Jade Bellingham.

Dua momen berkualitas ini berhasil menyapu bersih pertandingan babak pertama antara Inggris vs Senegal sebelum akhirnya mereka istirahat sejenak.

Baca juga: Raheem Sterling Tak Bela Timnas Inggris saat Melawan Senegal karena Masalah Keluarga

Babak Kedua

timnas senegal
Timnas Senegal kalah dari Inggris dengan skor 3-0. (REUTERS/Carl Recine)

Babak kedua antara timnas Inggris melawan Senegal semakin membuat penonton bersemangat. Tampaknya The Three Lions terus memberikan tekanan kepada Senegal. Di menit 48', timnas Inggris tampak sangat tenang saat menyerang gawang Senegal.

Sepanjang permainan hingga pertengahan babak kedua, timnas Inggris terus mempertahankan bola dan menikmati momentum untuk menyerang. Harry Kane bahkan beberapa kali memberikan umpan kepada pemain Inggris lainnya untuk menciptakan serangan ke gawang senegal.

Dan upaya itu berhasil pada menit ke 57', di mana timnas Inggris menerobos bek Senegal. Harry Kane memanfaatkan bola pantulan dan memberikan umpan kepada Bukayo Saka, dan tercipta gol ketiga untuk The Three Lions.

saka
Bukayo Saka melakukan selebrasi atas gol ketiga Inggris vs Senegal. (REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Bukayo Saka berhasil menciptakan gol yang sangat indah, diambil dengan baik. Ditambah lagi, kolaborasi dan kemistri antara Phil Foden dan Harry Kane berhasil merakit serangan yang spektakuler.

Bahkan upaya yang didapatkan oleh timnas Senegal lewat tendangan bebas tidak dapat menembus pertahanan The Three Lions. Sepak pojok pun sungguh sulit untuk meruntuhkan pertahanan bek Inggris dan memberikan akhir yang mengecewakan untuk Senegal.

Dengan tambahan waktu 4 menit, pertandingan timnas Inggris vs Senegal berakhir dengan skor 3-0. Kekalahan Senegal membuat mereka harus pulang dari Qatar, sementara Inggris melaju ke babak perempat final dan akan bertemu dengan Prancis.

Susunan Pemain

line up
Line up pertandingan Inggris vs Senegal. (REUTERS)

Inggris (4-3-3) : Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones (Eric Dier 76'), Harry Maguire, Luke Shaw; Jordan Henderson (Kalvin Phillips 82'), Declan Rice, Jude Bellingham (Mason Mount 76'); Bukayo Saka (Marcus Rashford 65'), Harry Kane, Phil Foden (Jack Grealish 65')

Senegal (4-2-3-1) : Edouard Mendy; Youssouf Sabaly, Kalidou Koulibaly, Abdou Diallo, Ismail Jakobs (Fode Ballo-Toure 84'); Pathe Ciss (Pape Gueye 46'), Nampalys Mendy; Iliman Ndiaye (Bamba Dieng 46'), Krepin Diatta (Pape Matar Sarr 46'), Ismaila Sarr; Boulaye Dia (Famara Diedhiou 72')

Fakta Lain

inggris
Timnas Inggris merayakan gol saat melawan Senegal di Piala Dunia 2022. (REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Inggris telah mencapai perempat final Piala Dunia untuk yang ke-10 kalinya, mencapai tahap ini dua kali di bawah asuhan pelatih Walter Winterbottom (1954 dan 1962), Alf Ramsey (1966 dan 1970), Bobby Robson (1986 dan 1990), Sven-Göran Eriksson (2002 dan 2006) dan Gareth Southgate (2018 dan 2022).

Di sisi lain, Senegal kebobolan tiga gol dalam satu pertandingan Piala Dunia untuk kedua kalinya, setelah bermain imbang 3-3 dengan Uruguay di babak penyisihan grup 2002. Ini adalah kekalahan turnamen besar terberat bangsa (Piala Dunia dan Piala Afrika).

Inggris telah mencetak 12 gol dalam empat pertandingan di Piala Dunia tahun ini, membuat The Three Lions dianggap sebagai tim kuat di satu turnamen besar (Piala Dunia dan Euro), sama dengan 12 gol mereka di Piala Dunia 2018.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
M. Rio Fani
M Fadli
Editor
M. Rio Fani
Writer
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US