The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Carut-marut, FIFA Turun Tangan Bantu Perbaiki Sistem Persepakbolaan Indonesia
FIFA akan berikan pendampingan untuk perbaiki sepak bola Indonesia (FIFA)
Soccer

Carut-marut, FIFA Turun Tangan Bantu Perbaiki Sistem Persepakbolaan Indonesia

Kamis, 06 Oktober 2022 16:35 WIB 06 Oktober 2022, 16:35 WIB

INDOZONE.ID - Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan lebih dari 125 orang pada akhirnya membuat FIFA turun tangan untuk memberikan pendampingan dalam memperbaiki sistem persepakbolaan nasional. Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Saat ini Iriawan tengah berada di Malang untuk melakukan investigasi terkait Tragedi Kanjuruhan. Tidak hanya itu, perwakilan FIFA dan AFC pun akan datang ke Indonesia untuk membahas masalah ini.

Tragedi di Stadion Kanjuruhan dalam pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya menjadi bukti bahwa ada yang tidak beres dengan sistem kompetisi sepak bola Indonesia. Maka dari itu, FIFA akan turun tangan langsung membantu menyelesaikan persoalan ini.

"Pertama tentu (FIFA) mengucapkan duka cita. Kedua, FIFA akan memberikan pendampingan untuk memperbaiki semua sistem persepakbolaan Indonesia, baik pengamanan, suporter dan lainnya," kata Iriawan, dikutip dari Antara, Kamis (6/10/2022).

Baca Juga: Kompetisi Ditunda, Bomber Asing Persija Harap Liga 1 2022-2023 Bisa Diselesaikan

Menurut Nugroho Setiawan sebagai satu-satunya orang Indonesia yang mengantongi lisensi Security Officer dari FIFA, ada tiga poin penting dalam penyelenggaraan pertandingan yang mesti menjadi perhatian.

Poin pertama adalah kesamaan persepsi pengamanan di antara semua stakeholder. Poin kedua adalah kondisi infrastruktur, yang mana ini harus dilakukan assessment. Sedangkan poin ketiga adalah supporter behaviour itu sendiri.

Baca Juga: Kunjungi Korban Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Beri Santunan Rp50 Juta per Orang

Nugroho menilai yang menjadi penyakit utama dari sepak bola Indonesia adalah tidak adanya kesamaan persepsi dalam tiga poin tersebut. Tak ayal ini menjadi PR besar bagi sepak bola nasional.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US