The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Cholil Nafis Soroti Ceramah Viral Oki Setiana Dewi: Tidak Semua KDRT Harus Disimpan!
Kiri: Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cholil Nafis (ANTARA/HO-MUI) / Kanan: Oki Setiana Dewi (Instagram/@okisetianadewi)
Seleb

Cholil Nafis Soroti Ceramah Viral Oki Setiana Dewi: Tidak Semua KDRT Harus Disimpan!

Cerita ke orang.

Jumat, 04 Februari 2022 12:38 WIB 04 Februari 2022, 12:38 WIB

INDOZONE.ID - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH M Cholil Nafis, ikut memberikan tanggapan terkait dengan viralnya video ceramah Oki Setiana Dewi tentang KDRT.

Melalui akun Instagram-nya, Cholil mengatakan bahwa tidak semua kekerasan yang terjadi dalam rumah tangga harus disimpan rapat-rapat.

"Tidak semua kekerasan dalam rumah tangga harus disimpan rapat-rapat, juga jangan sampai setiap kekerasan dalam rumah tangga diceritakan kemana-mana dan dilaporkan ke pihak penegak hukum. Nah, keluarga itu dibangun atas saling menyayangi dan mencintai," tulis Cholil seperti dilihat Indozone, Kamis (4/3/2022).

Baca juga: Gus Nadir Sentil Oki Setiana Dewi soal Ceramah KDRT: Nabokin Bini Itu Bukan Aib!

Jika terjadi KDRT katanya, alangkah lebih baik menceritakannya kepada orang yang tepat untuk mendapatkan nasehat, dengan harapan KDRT tidak terjadi lagi.

"Jika terjadi KDRT baiknya, upayakan utk diceritakan kpd orang yg tepat guna mendapat nasihat dalam menghentikan kekerasan rumah tangga. Boleh kepada orang tua, teman atau tokoh yg disegani," katanya melanjutkan.

Namun, jika secara kekeluargaan pun tidak mendapat solusi terbaik, maka bisa menempuh jalur hukum, dengan tidak menutup kemungkinan akan berakhir dengan perceraian.

"Tapi pilihan jalur aparat hukum ini adalah pilihan terakhir itupun jika sdh tak bisa kompromi lagi secara baik2," pungkasnya.

Terlepas dari itu, menurutnya dalam bekeluarga harus banyak belajar. Masalah yang menghadang harusnya diselesaikan dengan keimanan sesuai petunjuk Allah SWT.

Sementara itu, pasca video ceramahnya tentang KDRT viral, Oki Setiana Dewi menyampaikan permintaan maaf lewat akun Instagram pribadinya.

"Tentu saya sangat menolak kekerasan dalam rumah tangga. Mohon maaf lahir batin atas kesalahan dalam menyampaikan dan semoga Allah mengampuni saya dalam setiap kesalahan-kesalahan saya," tulis Oki dalam unggahannya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Putri
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
Putri

Putri

Writer
JOIN US
JOIN US