The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Artis dan Kru Film Wajib Tes Covid-19 Sebelum Syuting
Ilustrasi Proses Syuting Film. (Foto: IMDb)
Seleb

Artis dan Kru Film Wajib Tes Covid-19 Sebelum Syuting

Izin syuting film kembali dibuka.

Selasa, 07 Juli 2020 17:20 WIB 07 Juli 2020, 17:20 WIB

INDOZONE.ID - Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Pemprov DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia, mengatakan pihaknya membuka kembali izin operasi produksi pembuatan film di Jakarta. Pada proses kegiatan syuting harus menaati aturan protokol kesehatan virus corona (Covid-19).

"Iya kami membuka kembali izin operasi produksi film di Jakarta," kata Cucu di Jakarta, Selasa (7/7/2020).

Cucu menerangkan, sebelum melakukan proses syuting para artis dan pembuat film diwajibkan terlebih dahulu melakukan rapid test atau swab test Covid-19. Hal ini untuk memastikan agar semua pemain film aman dan tidak terpapar Covid-19.

"Mereka kan swab test dulu. Harus swab dulu. Kalau swab sudah aman dong," jelasnya.

Dia menyebutkan, bahwa production house (PH) bertanggung jawab penuh terhadap berlakunya protokol kesehatan Covid-19 dalam proses syuting.

"Proses syuting itu yang bertanggung jawab PH-nya," ujarnya.

Dia menegaskan pihaknya tidak segan untuk memberikan sanksi yang tertuang dalam aturan pelaksanaan PSBB terhadap PH yang kedapatan melanggar protokol kesehatan Covid-19. Artinya, harus tetap menjunjung tinggi implementasi Covid-19.

"Ya proses syutingnya kita hentikan terus kita denda. Sama pergub 51 juga. Termasuk pelanggaran PSBB," sambungnya.

Dikatakannya, dibuka kembalinya izin operasi produksi film di Jakarta lantaran diklaim mereka siap mematuhi aturan yang ditetapkan oleh Pemprov DKI. Karena dalam masa uji coba ini, kata Cucu pihaknya akan terus melakukan pengawasan dan peninjauan secara random.

Dia menambahkan akan melakukan evaluasi secara berkala. Ihwal kepatuhan perusahaan film saat diberikan kelonggaran ini akan menentukan kedepannya untuk terus dibuka atau malah ditutup kembali.

"Nanti kita akan evaluasi," lanjut dia.

Sebagaimana diketahui, izin pembukaan produksi film di Jakarta dikeluarkan melalui SK Disparekraf DKI Nomor 140 Tahun 2020.

Selain itu, bidang usaha lainnya yang dapat beroperasi pada perjalanan PSBB fase I masa transisi diantaranya bioskop, penyelenggaraan pertunjukan atau nobar di ruang terbuka, corporate event, meeting dan gelanggang rekreasi olahraga kecuali kolam renang.

Pembukaan usaha pariwisata tersebut dibuka sejak tanggal 6 Juli - 16 Juli 2020. Adapun untuk gelanggang rekreasi olahraga mulai dibuka sejak 12 Juli-16 Juli 2020.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Murti Ali Lingga

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US