The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kerap Bersuara Soal Covid-19, Anji: Sekarang Saatnya Saya Berhenti, Masalahnya Makin Rumit
Anji. (Instagram/@duniamanji)
Seleb

Kerap Bersuara Soal Covid-19, Anji: Sekarang Saatnya Saya Berhenti, Masalahnya Makin Rumit

Sabtu, 19 Desember 2020 15:18 WIB 19 Desember 2020, 15:18 WIB

INDOZONE.ID - Sejak virus Covid-19 melanda Indonesia, musisi Anji beberapa kali memberikan pandangannya terkait dengan virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok itu.

Namun, Anji beberapa waktu belakangan ini tampak jarang memberikan suaranya. Hal itu rupanya disadari oleh seorang netizen, dan menanyakan secara langsung pada Anji.

"Bang kenapa lo gak banyak bersuara lagi soal Covid dan perjuangin nasib rakyat? Lemah lo," tanya netizen tersebut seperti yang dilihat INDOZONE di akun Instagram-nya.

Menanggapi pertanyaan itu, Anji pun membeberkan aktivitas dan perjalanan yang dilewatinya sejak pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia. Kata Anji dalam unggahanya, saat Covid-19 masuk ke Indonesia, dirinya selaku pelaku industri kreatif berusaha untuk terus produktif.

Bahkan, sebagai seorang musisi, dirinya telah merilis 4 lagu bertema sosial yang didedikasikan untuk pandemi Covid-19.

"Pandemi dan efek sosial: Saya membuat konser streaming pertama, yang ditujukan untuk donasi. Juga ikut serta konser #diRumahAja yang digagas Narasi, juga untuk donasi," unggah Anji.

Dalam unggahan itu, Anji mengatakan bahwa dirinya sengaja membuat beberapa postingan tentang relaksasi dan ketidaksamaan serta postingan kritis lain tentang pandemi, karena statusnya sebagai rakyat biasa.

Anji pun menambahkan, dirinya sudah menyuarakan soak efek ekonomi di tengah Covid-19 kepada pejabat daerah hingga presiden untuk menyampaikan suara rakyat.

Baca juga: Anji Ungkap Pengen Pensiun Sebagai Musisi: Mau Dikenal Sebagai Rakyat Biasa

Tak sampai di situ, Anji pun rela menjual gitar kesayangannya untuk gerakan berbagi makanan, dan masih berlangsung hingga hari ini.

Penjabaran aktivitas yang dilakukan Anji selama pandemi Covid-19, yang dijelaskan di Instagram bukan semata-mata untuk pamer. Dia hanya ingin menunjukkan bahwa dirinya tetap produktif selama pandemi melanda.

Terus produktif dan banyak bersuara menyampaikan kegelisan rakyat, Anji merasa bahwa dirinya ingin berhenti.

"Terus, maksudnya pamer? Bukan. Tapi saya mau menunjukkan bahwa selama pandemi, saya terus produktif berkarya dan sudah banyak bersuara melalui postingan, yang menyuarakan kegelisahan rakyat. Saya juga kan rakyat. Dan saya merasa sekarang saatnya saya berhenti," tambahnya.

Melanjutkan unggahannya, Anji membeberkan sejumlah point kenapa dirinya saat ini memilih untuk menahan suaranya. Salah satu point yang dicantumkan Anji dalam unggahan itu, adalah dirinya ingin fokus untuk memulihkan dan menggerakkan perekonomian rakyat dengan apa yang bisa dilakukannya.

"Masalahnya sekarang makin rumit dengan banyak kepentingan," point terakhir yang termuat dalam alasan Anji.

Dalam unggahan terakhirnya, Anji menuliskan sindiran yang cukup keras, untuk pejabat yang disebutnya jahat karena tega memakan uang rakyat.

"Semoga pandemi segera berlalu dan rakyat yang terkena imbas paling keras, mampu bertahan. Yang depresi dan ekonominya hacur karena pandemi banyak sekali. Yang masih memiliki kema(mp)uan untuk berbagi, ayok berbagi," tulisnya.

"Biar pejabat jahat saja yang memakan hak rakyat, kita jangan. Rakyat bantu rakyat. Waspada, tapi jangan ketakutan. Perbanyak konsumsi berita baik. Jangan telan mentah-mentah semua berita. Jaga kewarasan berpikir. Sehat dan bahagia selalu," tutupnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Putri
Putri

Putri

Editor
JOIN US
JOIN US