The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

UU Wajibkan Wali Kelola Harta Anak, Komnas PA Soal Doddy Sudrajat: Semua Juga Tau
Komnas PA mempersoalkan keinginan Doddy Sudrajat yang hanya mengincar hak perwalian untuk anak pasangan mendiang Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah, Gala Sky.(Instagram@doddysudrajat_)
Seleb

UU Wajibkan Wali Kelola Harta Anak, Komnas PA Soal Doddy Sudrajat: Semua Juga Tau

Dipikul bersama.

Selasa, 18 Januari 2022 17:07 WIB 18 Januari 2022, 17:07 WIB

INDOZONE.ID - Ketua Komnas Perlindungan Anak (PA), Arist Merdeka Sirait, mempersoalkan keinginan Doddy Sudrajat yang hanya mengincar hak perwalian untuk anak pasangan mendiang Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah, Gala Sky. Dalam UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, wali memiliki kewajiban untuk mengelola harta yang dimiliki oleh anak.

Aturan tersebut tercantum dalam Pasal 33 UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Dalam ayat (3) pasal tersebut, disebutkan bahwa wali "bertanggung jawab terhadap diri anak dan wajib mengelola harta milik anak yang bersangkutan untuk kepentingan terbaik bagi anak."

Arist tak menyebut secara langsung bahwa Doddy mengincar harta yang dimiliki oleh Gala Sky. Dia menyerahkan pada masyarakat untuk menilai maksud dibalik keinginan Doddy untuk memiliki hak perwalian Gala Sky.

"Saya kira semua juga tau ya, kenapa dia menginginkan perwalian. Di UU Perlindungan Anak itu kan ada mengatur harta," kata Arist kepada jurnalis Indozone, Senin (18/1/2022).

Menurutnya, status perwalian yang diinginkan Doddy tak bisa lepas dari hak pengasuhan. Lebih tak adil jika Doddy hanya menginginkan status wali, namun tak mau melakukan pengasuhan terhadap Gala Sky.

Bagi Arist, seluruh keluarga Gala harus sama-sama memikul tanggung jawab untuk memastikan tumbuh kembang Gala berlangsung dengan baik. Arist bahkan menyebut pemisahan status wali dan pengasuh merupakan pelanggaran hak anak. 

"Sudah jelas yang diinginkan Pak Doddy. Perwalian dia inginkan, pengasuhan ada pada faisal. Padahal enggak ada yang terpisah seperti itu, semua bertanggung jawab, di mana tumbuh kembang Gala kewajiban kedua belah pihak, baik itu Pak doddy dan Pak Faisal," kata Arist menjelaskan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Gema Trisna Yudha
JOIN US
JOIN US