The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Divonis Sepsis Hingga Nyaris Meninggal, Chicco Jerikho Ungkap 3 Hal Ini
Chicco Jerikho (Instagram/chicco.jerikho)
Seleb

Divonis Sepsis Hingga Nyaris Meninggal, Chicco Jerikho Ungkap 3 Hal Ini

Rabu, 01 Desember 2021 18:00 WIB 01 Desember 2021, 18:00 WIB

INDOZONE.ID - Aktor Chicco Jerikho baru-baru ini mengungkap kabar mengejutkan mengenai kondisi kesehatannya yang divonis mengidap penyakit sepsis.

Melalui video wawancaranya di kanal YouTube Daniel Mananta, Chicco menceritakan perjuangannya melawan penyakit yang nyaris merenggut nyawanya pada bulan September 2021 lalu.

Aktor berdarah Thailand-Batak itu mengungkap awalnya ia tidak merasakan ada yang aneh dari tubuhnya. Ia menjalani hari-harinya seperti biasa, syuting, olahraga, dan lain-lain. Tiba-tiba ia merasakan ada yang aneh dengan tubuhnya hingga harus dilarikan ke rumah sakit

Tak bisa merasakan kaki dan masuk ke ruang HCU 

Chicco Jerikho
Instagram/chicco.jerikho

Saat dilarikan ke rumah sakit, Chicco mengaku setengah sadar dan tidak lagi bisa merasakan kakinya hingga akhirnya dilarikan ke ruangan high care unit (HCU)

"Dilarikan ke rumah sakit, di cek tensi gue sampai 60 per 40, dan aku gak bisa ngerasain kaki gue. Sampai akhirnya gue dilarikan ke ruangan HCU dan dipasang alat pemacu jantung dan gua harus sampai di-support sama alat agar tetap bertahan," kata Chicco, seperti dikutip Indozone melalui kanal YouTube Daniel Mananta, Rabu (1/12/2021).

Tiga hari dirawat di ruangan HCU Chicco mengaku kesulitan bernapas bahkan harus bernapas lewat mulut pakai alat bantu. 

"Susah napas bro, gue napas bukan dari hidung lagi, dari mulut plus dibantu (dengan alat pernapasan). Itu tahu nggak lu, itu sudah banget napas," ujar Chicco. 

"Apalagi rasain sesak ya, itu mahal banget napas. Sebenarnya lebih kayak sekarang bisa begini (masih bisa bernapas) ini sesuatu yang mahal," sambungnya.

Baca juga: Chicco Jerikho Bersyukur Lewati Masa Kritis Akibat Infeksi Virus: Dapat Kesempatan Hidup

Sempat berpamitan

Chicco Jerikho dan Putri Marino
Instagram/putrimarino

Saat kondisi menurun, Chicco menjelaskan bahwa istrinya, Putri Marino bersama sang anak tengah berada di luar kota untuk syuting. 

"Gak ada siapa-siapa di rumah. Istri sama anak gue lagi di luar kota, ada yang kerja di rumah. Pada saat gue lagi sesak itu, gue sudah ngawang-ngawang, sudah dingin kaki di rumah, ngelihat orang itu sudah gelap-gelap, gue ditampar-tampar. Pas dibilang kayak ‘ingat Suri’ itu gue melek lagi. Suri anak gue," ujar Chicco. 

Saat itu, adik ipar dan manajernya pun langsung membawa Chicco ke rumah sakit. Chicco yang merasa sudah hampir tak sadarkan diri bahkan sempat berpamitan dan menitip anaknya untuk dijaga. 

"Dibawa ke rumah sakit itu, gue antara sadar gak sadar. Katanya sih gua sudah ngomong yang enggak-enggak, tolong jagain Suri ya, jangan bilang Putri gue sakit. Putri lagi syuting soalnya, kasihan nanti dia kepikiran," kata Chicco. 

"Gue tuh sudah pamit. Gue kayaknya sudah gak kuat deh gue mau pulang. Gue sudah ngomong kayak gitu. Dan pas gue lihat orang-orang lagi nangis di depan gue," ujar Chicco. 

Diberi kesempatan hidup kedua

Chicco Jerikho
Instagram/chicco.jerikho

Setelah keluar dari ruang HCU dan dinyatakan sembuh oleh dokter, Chicco bersyukur bisa melewati masa kritis akibat penyakit tersebut. Dia bahkan merasa seperti diberikan kesempatan hidup kedua oleh Tuhan. 

"Puji Tuhan gue bisa lewatin itu semua. Dokter yang menangani gue sempet kaget karna proses pemulihannya yang dibilang cukup cepat. Dokter gue bilang ini pasti karena pola hidup yang sehat, olahraga dan multivitamin yang gue," tulis Chicco di unggahan Instagram-nya. 

Ia juga menyebut, salah satu yang membuatnya semangat untuk sembuh yaitu anaknya, Surinala Caroline Jarumilind. 

"Yang buat gue punya semangat lagi itu rumah, gue ngebayangin kayak gue masih belum berbuat banyak. Gue pengen ngelihat anak gue gede juga, gue dikasih kekuatan lagi untuk itu. Gue kayak dapat kesempatan kedua," ujar Chicco. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Putri Octapia Saragih
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US