The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hidup dengan Satu Ginjal, Vidi Aldiano: Gua Merasa Semua Harta Itu Enggak Ada Gunanya
Penyanyi Vidi Aldiano. (Photo/Instagram/@vidialdiano)
Seleb

Hidup dengan Satu Ginjal, Vidi Aldiano: Gua Merasa Semua Harta Itu Enggak Ada Gunanya

Sabtu, 05 Desember 2020 21:34 WIB 05 Desember 2020, 21:34 WIB

INDOZONE.ID - Penyanyi Vidi Aldiano harus menjalani kehidupannya dengan satu ginjal. Hal itu karena sebelumnya, pria yang berusia 30 tahun itu divonis menderita kanker ginjal stadium tiga dan melakukan operasi pengangkatan di Singapura pada 14 Desember 2019.

Meski begitu, ia merasa sehat meski hidup dengan hanya satu ginjal. Ia juga mengaku dirinya lebih bersyukur dan tak mau menyia-nyiakan hidupnya sekarang dengan mengubah gaya hidup.

"Gue sekarang kan ginjalnya tinggal satu. Diet makanannya, semuanya yang nggak memperparah kerja ginjal gue ini. Gue juga nggak boleh kerja berat, olah raga juga nggak boleh keras, cardio aja," kata Vidi Aldiano di kanal YouTube milik Nikita Willy, Jumat (5/12/2020).

Vidi juga mengakui dirinya kini menerapkan diet plant-based dan tak lagi mengonsumsi daging merah.

Baca juga: Saat Sirajuddin Mahmud Sabang Curhat Kangen Anak, Imel Putri Cahyati Malah Jatuh Sakit

"Daging merah kan tinggi banget kreatin. Dokter sih nggak ada yang bilang larang gue makan ikan atau ayam sih. Cuma gue kemaren yg cobain plant-based diet. Gue sekarang olahraga cuma sepeda, squash sama badminton," kata Vidi.

Setelah kehilangan satu ginjalnya, Vidi tersadar bahwa kesehatan menjadi teramat penting. Vidi yang tadinya pekerja keras dan memiliki ambisi besar di dunia musik, kini menjaga kesehatan sebagai prioritas utama.

"Gue Aries, ambisius banget. Dulu gue pekerja kerasa banget. Tapi setelah itu (terkena kanker) gue merasa semua harta, karya itu nggak ada gunanya. Punya itu semua kalau nggak sehat buat apa?" tutur Vidi Aldiano.

"Dari dulu gue ingin sukses, ingin membahagiakan orang-orang sekitar gue. Tapi gimana lu mau menyayangi orang-orang yang lu sayang, kalau lu sendiri sakit. Dulu prioritas pekerjaan, sekarang diri sendiri dan orang-orang yang sayang sama gue dan gue sayang mereka juga," sambungnya.

Saat dirinya menjalani perawatan, Vidi tersadar dirinya disayangi banyak orang. Setelah divonis kanker, banyak penggemar yang menawarkan ginjal untuknya.

"Gue merasa terharu, banyak banget yang nawarin (donor ginjal). Ada yang bilang, 'kak aku nggak butuh duit, aku cuma ingin kakak berkarya. Gue merinding. Orang random, kita nggak kenal, bisa sebaik itu," imbuhnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
M. Rio Fani
Kana

Kana

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer
JOIN US
JOIN US