The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Komnas PA Ungkap Maksud Doddy Tuntut Hak Perwalian Gala: Langgar Hak Anak
Komnas PA mengungkap maksud Doddy Sudrajat yang menuntut hak perwalian Gala Sky Ardiansyah. (Instagram/@dodysoedrajat_)
Seleb

Komnas PA Ungkap Maksud Doddy Tuntut Hak Perwalian Gala: Langgar Hak Anak

Perspektif perlindungan anak.

Selasa, 18 Januari 2022 16:59 WIB 18 Januari 2022, 16:59 WIB

INDOZONE.ID - Ketua Komnas Perlindungan Anak (PA), Arist Merdeka Sirait, mengungkap maksud Doddy Sudrajat yang menuntut hak perwalian anak pasangan mendiang Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah, Gala Sky Ardiansyah. Menurutnya, keinginan Doddy tersebut merupakan sebuah pelanggaran terhadap hak-hak anak.

Doddy menginginkan status perwalian jatuh pada dirinya, sementara hak pengasuhan diberikan pada ayah Bibi Ardiansyah, H. Faisal. Menurut Arist, kedua peran tersebut tak dapat dipisahkan karena merupakan tanggung jawab bersama. Baik keluarga Doddy Sudrajat maupun Faisal, sama-sama memiliki kewajiban untuk menjamin tumbuh kembang Gala berlangsung dengan baik.

"Jadi bukan perwalian ke mana, pengasuhan ke mana. Masa anak-anak dipisah-pisah gitu. Dalam perspektif perlindungan anak, itu melanggar hak anak," kata Arist kepada jurnalis Indozone, Senin (17/1/2022).

Meski tak secara langsung, Arist menyinggung adanya maksud lain yang diinginkan Doddy dari hak perwalian Gala. Sebab dalam Pasal 33 UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, disebutkan bahwa wali berhak dan wajib mengelola harta milik anak.

"Saya enggak bisa menyimpulkan seperti itu. Sulit untuk saya mengatakan seperti itu, tapi saya kira masyarakat bisa menilai apa yang dimau oleh Pak Doddy dan Pak Faisal," kata Arist.

Sengketa perwalian Gala Sky saat ini tengah diproses di meja hijau. Pada Rabu (12/1/2022), Pengadilan Agama Jakarta Barat menggelar sidang ketiga dengan agenda pembacaan hasil mediasi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Gema Trisna Yudha
JOIN US
JOIN US