The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Keanu Angelo Dikecam Tokoh Adat Melayu, Lantaran Pakai Busana Tak Sopan!
Kiri: Keanu, Kanan: saat menghadiri acara di Pekanbaru, Riau. (Instagram/@keanuagl/@lambe_turah)
Seleb

Keanu Angelo Dikecam Tokoh Adat Melayu, Lantaran Pakai Busana Tak Sopan!

Kamis, 08 April 2021 12:04 WIB 08 April 2021, 12:04 WIB

INDOZONE.ID - Selebgram Keanu Angelo atau kerap disapa Keanu Agl beberapa waktu lalu mendapatkan kecaman dari tokoh adat Melayu karena penampilannya saat berkunjung ke Kota Pekanbaru, Riau.

Pasalnya, Keanu tampil menggunakan Tanjak Melayu atau penutup kepala lelaki Melayu dengan celana pendek atau hot pants.

Baca Juga: Kangen Penggemar, Siwon Super Junior Pilih Merawat Tumbuhan saat Pandemi

Rupanya, kedatangan Keanu ke Pekanbaru itu untuk meresmikan salah satu bisnisnya bersama Fadil Jaidi. Hal ini diketahui dari unggahan akun Instagram @lambe_turah.

Dalam unggahan itu, tampak Keanu menggunakan baju kaos warna kuning dan celana pendek berwarna hitam. Sayangnya, ia mengenakan Tanjak Melayu berwarna putih terpasang di kepalanya.

Hal ini tentu membuat masyarakat Melayu menyayangkan sikap Keanu tersebut. Mewakili masyarakat Melayu, dosen di Universitas Riau, Zulwisman menyampaikan kritikan kepada Keanu.

"Peruntukan tanjak bukan hanya sebagai gaya saja. Tapi dipakai anak Melayu Riau untuk menunjukkan jati diri, anak Melayu cara berpakaian sesuai adat-istiadat dan ajaran agama, bukan seperti itu," ujar Zulwisman.

Zul menilai tindakan Keanu sangat tidak tepat. Wajar jika masyarakat Riau marah melihat foto yang tersebar luas tersebut.

"Kita lihat secara adat dan kepatutan tidak tepat. Kecaman masyarakat itu saya nilai sudah tepat, apakah kesengajaan atau itu ketidaktahuan," ungkapnya.

"Sebab, penggunaan tanjak harus sesuai tempat dan suasana," sambungnya.

Tak hanya mengecam Keanu, Zul juga meminta panitia penyelenggara untuk bertanggung jawab atas kejadian tersebut.

Ia menuntut klarifikasi dan permintaan maaf dari yang bersangkutan.

"Saya lihat ada kelalaian panitia juga saat menyematkan tanjak itu kepada orang yang datang. Harus ada permintaan maaf dan klarifikasi panitia juga dan selebgram itu," katanya lagi.

TAG
Abdul Fattah
JOIN US
JOIN US