The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sering Gagal, Raffi Ahmad Butuh Waktu 20 Tahun untuk Jadi Entrepreneur Sukses
Founder & Chairman RANS Entertainment, Raffi Ahmad. (IdeaFest 2021)
Seleb

Sering Gagal, Raffi Ahmad Butuh Waktu 20 Tahun untuk Jadi Entrepreneur Sukses

Jalan berliku.

Minggu, 28 November 2021 12:49 WIB 28 November 2021, 12:49 WIB

INDOZONE.ID - Nama Raffi Ahmad kini dikenal sebagai "Sultan Andara" karena kekayaan dan kesuksesannya. Namun tidak banyak yang tahu bahwa Raffi pernah jatuh bangun membangun bisnisnya selama 20 tahun.

Raffi menceritakan dirinya mulai membuka bisnis sejak usia 17 tahun. Namun beberapa bisnis yang dia geluti tidak berumur lama dan harus gulung tikar.

"Untuk jadi pengusaha, aku dari 17 tahun sudah berusaha, tapi orang tidak melihat itu," kata Raffi Ahmad yang menjadi Founder & Chairman RANS Entertainment saat menjadi pembicara di IdeaFest 2021, Minggu (28/11/2021).

"Dari 17 tahun aku punya klub di bali, tutup. Restoran banyak tutup. Dari itu aku belajar-belajar," lanjutnya.

Dari kegagalan-kegagalan itu ia mengaku terus memupuk semangat untuk membuka bisnis sendiri. Hal ini dilakukan Raffi karena dia mengingat usianya akan semakin bertambah, sehingga dia berpikir tidak akan selalu menekuni dunia entertainment yang membesarkan namanya.

"Aku menyadari usiaku sekarang 35 tahun. Gak mungkin 'Hai guys' terus. Tapi entertainment tetap jadi passion aku, nanti aku jadiin hobi," ujar Raffi.

Berbeda dengan dunia entertainment, Raffi mengaku dalam dunia bisnis harus menghadapi segala risiko yang jauh lebih tinggi.

"Bedanya kalau entertainment 'jual' badan kita. Ibaratnya kalau nggak syuting nggak dibayar. Tapi kalau pengusaha ada risikonya. Sekarang aku mencoba mengaitkan dan menggunakan kesempatan basic-nya di entertainment, belajar dari entertainment ke entrepreneur," beber suami Nagita Slavina ini.

Raffi juga mengungkapkan pentingnya berkolaborasi di zaman digitalisasi ini. Karena itu, ia mencoba berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk tetap bertahan menjalankan bisnis RANS Entertainment.

BACA JUGA: Heboh Pengakuan Nagita Slavina Bercita-cita Jadi Ibu Rumah Tangga: Nggak Mau Kerja

Bisnis yang didirikan Raffi sejak empat tahun lalu itu pun mau tidak mau harus beradaptasi dengan era yang ada. Dari sini, Raffi kini mempekerjakan karyawan hingga ratusan orang.

"RANS tadinya cuma (mempekerjakan) tiga orang, lima sama aku dan Nagita. Editor 1, konten 2. Bener-bener (awalnya) di garasi rumah hanya tiga orang, sekarang hampir 500," pungkas Raffi.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Utami Evi Riyani
JOIN US
JOIN US