The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Profil Oza Rangkuti, Komika Pencetus Kamus Bahasa Gaul Jaksel
Oza Rangkuti, komika dengan materi per-Jakselan (instagram.com/ozarangkuti)
Seleb

Ini Profil Oza Rangkuti, Komika Pencetus Kamus Bahasa Gaul Jaksel

Oza Rangkuti bikin sadar kalau #YourVoiceMatter

Selasa, 07 Juni 2022 16:36 WIB 07 Juni 2022, 16:36 WIB

INDOZONE.ID - Bahasa Jakarta Selatan atau yang lebih dikenal dengan bahasa Jaksel saat ini sering digunakan para milenial dan generasi Z. Bahasa ini mencakup campuran bahasa Indonesia dan Inggris, juga tambahan istilah-istilah asing. 

Bahasa Jaksel sebelumnya cukup populer di daerah Jakarta dan sekitarnya saja, namun, semenjak populernya Oza Rangkuti. Beberapa bahasa dan istilah Jaksel semakin terkenal di hampir seluruh wilayah Indonesia karena konten-kontennya. 

Lalu, siapa Oza Rangkuti dan mengapa Ia bisa mempopulerkan bahasa Jaksel ini hingga seperti kamus Jaksel berjalan? Simak profilnya berikut ini. 

Dikenal sebagai Komika Jaksel 

Oza Rangkuti
Ilustrasi Oza Rangkuti sebagai komika (instagram.com/ozarangkuti)

Nozanda Arsena Rangkuti atau dikenal juga dengan nama Oza Rangkuti adalah pria asal Jakarta yang merupakan komika yang terkenal suka mengabsen bahasa Jaksel dalam konten-kontennya hingga dalam show stand-up. 

Pada salah satu episode HAH Podcast yang dipandu oleh Indra Frimawan, Oza sedikit menceritakan awal karirnya sebagai komika. Ia mengaku bahwa pada awalnya tidak berniat berbicara tentang Jaksel. 

“Awalnya gak sengaja. Gak niat ngomongin Jaksel, gue ngecengin ABG yang suka ngeluh di sosmed, terus banyak yang tersinggung. Nah, mereka tersinggungnya pakai diksi-diksi Jaksel gitu” kata Oza pada podcast yang tayang di Roov.id tersebut. 

Pemilik Podcast Kesel Aje 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Podcast Kesel Aje (@podcastkeselaje)

Konten-konten bahasa Jaksel yang Ia buat tersebar di Tik Tok dan Podcast-nya. Podcast Kesel Aje merupakan media yang Oza gunakan pertama kali untuk memperdengarkan materi-materi komedi Jaksel ini. Podcast ini telah terbentuk sejak tahun 2019, sebelum pandemi melanda. 

Seperti yang dikatakan sebelumnya, niatan untuk 'ngecengin' ABG, dalam hal ini generasi Z yang suka berkeluh kesah di sosial media dan mudah tersinggung, menjadi bahasan episode-episode awal podcastnya. 

Semakin Terkenal Berkat Tik Tok 

Materi-materi komedi Jaksel pria kelahiran 5 Desember 1991 dan merupakan adik dari mantan Anya Geraldine ini, semakin terkenal ketika Ia memutuskan untuk membuatnya di Tik Tok dengan nama akun @podcastkeselaje. 

Dalam Tik Tok-nya Ia rajin memproduksi video-video yang berkaitan dengan anak muda Jakarta Selatan dan segala kehidupan di dalamnya. Salah satu yang terkenal adalah konten kamus bahasa Jakselnya. 

"Comel itu namanya spill, Deg-degan itu anxiety, kalau check in bareng pasangan itu istilahnya staycation. Banyak pikiran overthinking, liburan ke luar kota itu namanya healing. HTS, itu dulu Hubungan Tanpa Status kalau sekarang FWB (Friends with Benefits)." ujar Oza dalam salah satu konten Tik Tok-nya.

"Overthinking itu ke liburan kalau ke kerjaan overwhelmed. Tongkrongan yang ledek-ledekan itu lingkungan yang toxic. Nggak buka handphone karena lagi detox sosmed," sambungnya dalam membeberkan kamus bahasa gaul ala anak Jaksel.

Keluar dari UI hingga Jadi Pekerja Kantoran 

Oza Rangkuti
Ilustrasi Oza Rangkuti (instagram.com/ozarangkuti)

Sebelum terjun dalam dunia komika dengan materi-materi Jaksel, Oza Rangkuti pernah pernah menempuh pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Namun, tidak sampai selesai, Ia pindah ke Universitas Dr. Moestopo. 

Setelah lulus, Oza Rangkuti bekerja sebagai karyawan swasta pada salah satu perusahaan dan diketahui juga pernah menggeluti usaha kuliner, seperti dilansir dari dailysia.com. 

Setelah Ia menemukan passionnya dalam dunia komika ini, Oza memutuskan meninggalkannya pekerjaan kantorannya. 

Itulah profil lengkap Oza Rangkuti yang dapat kamu ketahui. Pada hari Sabtu, tanggal 11 Juni 2022 nanti Oza Rangkuti akan hadir dalam acara #YourVoiceMatters yang digelar oleh INDOZONE

Selain Oza Rangkuti akan hadir banyak influencer menarik lainnya seperti, Sharon Sitania, Ghina Raihanah, Adriano Qalbi, dan masih banyak lagi. 

Tak hanya itu, acara ini nantinya juga akan mengundang Danilla Riyadi dan Danar Widianto jebolan X Factor. Yuk datang dan ramaikan event ini pada hari Sabtu tanggal 11 Juni 2022 nanti di M Bloc Space, Jakarta Selatan, biar kamu semakin paham bahwa #YourVoiceMatters. Lakukan registrasinya di link ini , free lho!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ikhsan
Ainal Zahra Nabila

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US