The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

4 Tips Mengatasi Knalpot Bocor, Simak Yuk!
Knalpot Vespa Matic. (Instagram/@ajm_skuter)
Otomotif

4 Tips Mengatasi Knalpot Bocor, Simak Yuk!

Bisa diterapkan langsung

Rabu, 10 Agustus 2022 02:00 WIB 10 Agustus 2022, 02:00 WIB

INDOZONE.ID - Knalpot yang memiliki suara berisik bahkan tidak enak didengar bisa mengganggu pengguna jalan lainnya. Hal itu terjadi bisa karena knalpot dimodifikasi atau dibobok. Selain ini masalah bisa terjadi karena adanya kebocoran knalpot.

Knalpot bocor bisa menyebabkan pembuangan gas sisa pembakaran tidak sempurna dan performa mesin kurang menurun. Berikut cara mengatasi knalpot bocor:

1. Menggunakan Lem Besi

Hal yang pertama bisa menggunakan lem besi, karena lem besi sangat multifungsi dan bisa didapatkan dengan mudah seperti di material.

Baca Juga: Dikira Hilang di Parkiran, Mobil Seleb TikTok Ini Ternyata Ketutupan Mobil 'Raksasa'

Untuk melakukannya dengan cara mengoleskan lem tersebut kebagian permukaan knalpot yang mengalami kebocoran. Oles satu hingga tiga lapis agar lebih paten.

2. Menggunakan Bungkus Rokok

Kamu bisa melakukannya di rumah. Caranya ambil bungkus rokok bekas lalu ambil bagian dalamnya yang biasa disebut grenjeng. Kemudian kamu harus mempunyai lem untuk merekatkan grenjengnya pada bagian knalpot yang bocor.

3. Las Karbit

Cara mengatasi yang satu ini tidak terlalu mudah karena harus pergi ke bengkel las untuk memperbaikinya, dan bengkel las ini harus las karbit bukan las listrik.

4. Mengganti Paking Knalpot

Jika menurut kamu menambal itu kurang efektif, maka bisa melakukan penggantian paking knalpotnya. Tetapi kamu harus konsultasi dulu agar mendapatkan penggantian yang tepat.

Kamu bisa memilih opsi untuk memasang packing double atau menggunakan paking yang memiliki bahan dasar aluminium, dikarenakan yang berbahan alumunium lebih paten dibanding berbahan asbestos.

Penulis: Bima Febrianto

Artikel menarik lainnya:

TAG
Rachmat Fahzry
Indozone
JOIN US
JOIN US