The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kenapa Sih Balap Motor atau Mobil Tidak Jadi Cabang Olahraga di Olimpiade?
Balapan mobil Formula One yang digelar di Hungaria 1 Agustus lalu (photo/REUTERS/Peter Kohalmi)
Otomotif

Kenapa Sih Balap Motor atau Mobil Tidak Jadi Cabang Olahraga di Olimpiade?

Selasa, 03 Agustus 2021 14:47 WIB 03 Agustus 2021, 14:47 WIB

INDOZONE.ID - Saat ini ada puluhan cabang olahraga yang sudah dipertandingkan di Olimpiade Tokyo 2020, bahkan kini Esports juga sudah mulai masuk sebagai salah satu cabang olahraga meskipun masih berstatus uji coba.

Tetapi tentu ada banyak orang yang bertanya-tanya, kenapa balapan motor ataupun mobil tak dimasukkan ke dalam kategori cabang olahraga di Olimpiade?

Padahal menjadi pembalap motor ataupun mobil harus memiliki kondisi fisik yang bagus sehingga mereka bisa mengendalikan kendaraannya dengan lebih maksimal untuk meraih posisi terdepan. Contohnya saja balap sepeda yang kini masuk ke dalam cabang olahraga di Olimpiade.

Tetapi bicara tentang balap mobil, sebenarnya cabang olahraga tersebut pernah dihadirkan di Olimpiade pada tahun 1900. Namun setelah itu, cabang olahraga itu tak dipertandingkan lagi karena hal ini.

Dikutip dari Jalopnik, alasan utama kenapa balap motor atau mobil tidak bisa dimasukkan ke Olimpiade karena ajang tersebut memiliki ketergantungan yang tak cuma kepada kondisi fisik pembalapnya.

Ya, penggunaan kendaraan juga menjadi salah satu hal utama dalam balap motor atau mobil demi mencapai kemenangan. Pasalnya meskipun ada pembalap yang memiliki kemampuan sama-sama hebat, penggunaan kendaraan bisa menjadi hal pembeda untuk menentukan siapa yang lebih cepat ke garis finish.

Maka dari itulah karena dianggap tidak terlalu adil, sampai saat ini balapan motor atau mobil masih tidak dihadirkan di Olimpiade. Tetapi kita lihat saja mungkin di masa depan akan ada regulasi atau aturan yang memungkinkan balap motor atau mobil untuk hadir di Olimpiade.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US