The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

F1 Arab Saudi 2021: Lewis Hamilton Bebas dari Grid Penalty, Mercedes Didenda Rp410 Juta
Lewis Hamilton (kiri) dan tim Mercedes (kanan). (photo/Dok. Mercedes AMG F1 via Instagram)
Otomotif

F1 Arab Saudi 2021: Lewis Hamilton Bebas dari Grid Penalty, Mercedes Didenda Rp410 Juta

Minggu, 05 Desember 2021 16:44 WIB 05 Desember 2021, 16:44 WIB

INDOZONE.ID - Terdapat insiden yang tidak terduga terjadi di F1 Arab Saudi 2021, terutama pada sesi FP3. Di mana, pembalap tim Mercedes F1, Lewis Hamilton dilaporkan lolos dari penalti setelah diduga langgar kibaran bendera kuning ganda, dan menghalangi laju dari Nikita Mazepin. 

Atas kejadian itu, Lewis Hamilton dipanggil untuk menemui Stewards  usai sesi FP3 F1 Arab Saudi 2021. Ini membuat Hamilton berisiko untuk menerima grid penalty. Untungnya, Hamilton bebas dari hukuman. Hal ini diungkapkan oleh Stewards berdasarkan laporannya. 

"Race Director melaporkan kepada Stewards bahwa peringatan bendera kuning ganda pada FIA Marshalling System diaktifkan di Light Panel Number 6 secara tidak sengaja, kurang dari 1 detik," ungkap Stewards berdasarkan laporannya. 

Meski bebas dari hukuman, Mercedes dilaporkan didenda seharga 25.000 Euro atau setara Rp410 juta. Hal ini dilakukan karena Mercedes terbukti bersalah karena tidak memberikan peringatan untuk Hamilton bahwa Nikita Mazepin sedang mendekat. 

Ketka Hamilton melewati tikungan delapan, Nikita Mazepin terpaksa memotong tikungan, menerobos celah sempit yang tersedia, dengan Hamilton berada di sebelah kiri dan tembok di sebelah kanannya. 

"Driver diberi peringatan 10 detik bahwa mobil 9 (Mazepin) mendekat ketika dia berada di tikungan dua.” lanjut mereka. 

“Karena kegagalan komunikasi oleh tim, dia tidak diberi peringatan lagi sampai mobil sembilan berada di sampingnya,” jelasnya. 

"Stewards mengambil kesempatan ini untuk menekankan bahwa karena sifat sirkuit ini, penting bagi tim untuk berkomunikasi secara efektif dan proaktif dengan pembalap mereka. Ini tidak bisa dianggap sebagai preseden untuk sirkuit lain," tutup mereka. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika
Fernando Sutanto
JOIN US
JOIN US