The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Valentino Rossi Ungkap Tantangan Pebalap MotoGP Zaman Dulu dan Sekarang: Tikungannya Beda
Photo Ilustrasi. (Dok. Imagebee)
Otomotif

Valentino Rossi Ungkap Tantangan Pebalap MotoGP Zaman Dulu dan Sekarang: Tikungannya Beda

Kira-kira apa saja ya perbedaannya?

Sabtu, 13 Agustus 2022 14:07 WIB 13 Agustus 2022, 14:07 WIB

INDOZONE.ID - Juara dunia MotoGP sembilan kali, Valentino Rossi membeberkan perbedaan yang mencolok tentang pebalap zaman dulu dan sekarang. 

Menurut The Doctor, perbedaan utamanya adalah terletak pada cara pembalap saat memasuki tikungan. Ia melihat jika badan pebalap kini sangat miring, sehingga bahu dan kepalanya menyentuh aspal.

"Coba perhatikan, sekarang pebalap sangat miring ketika melakukan belokan pada tikungan. Sampai-sampai bahu dan kepalanya hampir menyentuh tanah," kata Valentino Rossi, dikutip dari Tuttomororiweb.

Lebih lanjut, legenda hidup MotoGP itu memberikan alasan mengapa pebalap yang usianya masih muda lebih mudah menjadi pusat perhatian, ketimbang pebalap senior. Ia menuturkan jika fisik prima yang dimiliki pembalap muda menjadi faktor utamanya.

Baca Juga: Johann Zarco Tak Mau Ingat Insiden Jatuh di GP Inggris, Pilih Fokus ke GP Austria

"Melalui late braking, pebalap bisa begitu cepat di tikungan, sehingga mampu mengubah jalannya balapan. Tapi ketika itu dilakukan, Anda harus memiliki fisik yang sempurna setiap balapan," jelas Rossi.

"Satu yang pasti, kendaraan akan menjadi lebih berat ketika melakukan pergantian arah atau saat menikung. Jadi, perlu kekuatan lebih untuk menaklukkan lintasan dengan motor Anda," tutupnya.

MotoGP sendiri sudah memasuki seri-seri terakhirnya, Fabio Quartararo masih memuncaki klasemen sementara dengan torehan 180 poin, diikuti oleh Espargaro, Bagnaia, Bastianini, dan Johann Zarco.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dewi Kania
Bagas Aulia Ananto

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US