The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jangan Asal Beli! Ini Perbedaan Ban Soft, Medium, dan Hard Compound
Photo Ilustrasi. (Dok. Antara)
Otomotif

Jangan Asal Beli! Ini Perbedaan Ban Soft, Medium, dan Hard Compound

Riders wajib tau!

Sabtu, 06 Agustus 2022 23:45 WIB 06 Agustus 2022, 23:45 WIB

INDOZONE.ID - Perbedaan ban soft compound, medium compound, dan hard compound ternyata banyak yang belum tau lho! Padahal, pengetahuan ini wajib diketahui oleh semua pengguna kendaraan bermotor.

Yap, ban merupkan salah satu elemen terpenting yang ada di kendaraan. Maka dari itu, ban harus mendapatkan perhatian yang lebih agar performa kendaraan kamu tidak terganggu.

Namun siapa sangka, ternyata ban kendaraan memiliki jenis dan fungsi yang berbeda-beda. Jika salah pilih, maka bisa berakibat fatal guys!

Lantas, apa saja ya jenis-jenisnya? Simak artikel ini sampai habis ya, untuk menemukan jawabannya.

Perbedaan Ban Soft, Medium, dan Hard Compound

1. Soft Compound

Sesuai dengan namanya, ban dengan tipe soft compound menggunakan material serta permukaan yang lebih lembut. Biasanya, ban soft compound digunakan untuk keperluan balap dan untuk membedakannya adalah biasanya terdapat tulisan berupa 'Race Tier' dibagian samping ban.

Baca Juga: Cara Cek Tilang Elektronik dengan Mudah dan Cepat, Bisa Pakai HP!

Meskipun memiliki daya cengkram yang baik, namun ban soft compound tidak disarankan untuk motor yang digunakan untuk keperluan sehari-hari.

2. Medium Compound

Nah kalau ban medium compound paling cocok untuk digunakan sehari-hari. Material dari ban tidak tidak terlalu keras, namun juga tidak terlalu empuk sehingga tingkat ketahanannya sangat baik.

3. Hard Compound

Ban motor hard compound memang memiliki ketahanan yang jauh lebih bagus, namun daya cengkramnya dapat menurun dengan drastis apabila suhu aspal jalanan mendadak berubah.

Maka dari itu, pengguna ban hard compound di Indonesia tidak terlalu banyak, mengingat cuaca di Indonesia yang sering kali berubah-ubah.

Itu dia guys perbedaan ban soft, medium dan hard compound. So, kamu harus lebih teliti ya ketika ingin mengganti ban, jangan sampai salah pilih ya!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Mochamad Rezhatama Herdanu
Indozone Media
Indozone Media

Indozone

Writer
JOIN US
JOIN US