Hyundai Kembangkan teknologi Anti kebisingan jalan
Pengetesan kebisingan dengan teknologi RANC (Leftlane)
Otomotif

Hyundai Kembangkan teknologi Anti kebisingan jalan

Penggunanya lebih nyaman

Jumat, 15 November 2019 13:00 WIB 15 November 2019, 13:00 WIB

INDOZONE.ID - Hyundai telah mengumumkan temuan inovasi teknologi terbarunya untuk meningkatkan kesenyapan kabin dengan mengurangi tingkat kebisingan di jalan. Teknologi tersebut dikenal sebagai Road Noise Active Noise Control (RANC).

Menurut Leftline pada Selasa (12/11) mengungkapkan RANC menggunakan mikrofon untuk mengambil suara udara yang melewati mobil dan ban yang menyentuh permukaan jalan. 

Nantinya prosesor sinyal digital kemudian menciptakan gelombang suara terbalik yang disalurkan melalui sistem stereo untuk mengurangi kebisingan jalan sekitar.

Teknologi ini mirip dengan fitur Active Noise Control (ANC) milik Hyundai, tetapi teknologi ANC saat ini lebih cocok untuk mengatasi kebisingan mesin konstan yang  dapat diprediksi.

Sementara RANC mampu menganalisis suara dan memancarkan gelombang suara terbalik hanya dalam 0,002 detik. Cukup cepat untuk menipiskan kebisingan jalan yang membutuhkan waktu sekitar 0,009 detik untuk mencapai penumpang. Ia menggunakan input dari sensor akselerasi untuk lebih meningkatkan kinerja pengurangan suara.

Setelah menguji RANC di berbagai permukaan jalan, kecepatan kendaraan, dan posisi tempat duduk, Hyundai telah mencapai pengurangan kebisingan dalam kabin 3dB. Hyundai mengklaim 3dB mewakili setengah tingkat kebisingan jalan dibandingkan dengan kendaraan tanpa RANC.

Ia juga memiliki kemampuan pemrosesan pembatalan kebisingan terpisah yang dilakukan untuk kursi pengemudi, penumpang depan dan kursi belakang. Pengurangan 3dB memotong energi suara menjadi setengah sehingga penggunanya lebih nyaman.

Meskipun demikian, banyak orang tidak mengikuti skala yang sama, karena perbedaan 3dB secara efektif merupakan perubahan minimum bagi seseorang untuk mendengar apa pun. Mungkin penurunan sekitar 10dB bagi penumpang kendaraan akan membuat mereka merasakan perubahan 50 persen dalam kebisingan kabin.

Hyundai mengatakan teknologi RANC-nya menjanjikan kenyamanan yang akan digunakan untuk mobil hybrid atau all-electric yang tidak mengalami kebisingan powertrain, menciptakan kabin yang sunyi. Teknologi ini akan memulai debut produksinya dalam model Genesis mendatang.

(WK)

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
Bela
Indozone Media
Bela

Bela

Writer
Indozone Media

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU