The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

8 Hal Perlu Dicermati Usai Melakukan Perjalanan Jauh dengan Motor, Jangan Sampai Kendor!
Perawatan sepeda motor usai mudik. (Dok. Suzuki Indonesia)
Otomotif

8 Hal Perlu Dicermati Usai Melakukan Perjalanan Jauh dengan Motor, Jangan Sampai Kendor!

Kamis, 19 Mei 2022 16:20 WIB 19 Mei 2022, 16:20 WIB

INDOZONE.ID - Perawatan motor setelah jarak jauh menjadi hal yang penting bagi setiap pemilik kendaraan agar selalu menjaga performa kendaraan kesayangannya setiap saat. Terlebih lagi, motor baru kelar dipakai mudik.

Agar performa mesin motor tetap terjaga, kamu agar tetap kembali prima dan tangguh untuk digunakan dalam aktivitas seperti sediakala.

Lantas, apa saja tipsnya? 

Tips Perawatan Motor Setelah Mudik

Berikut Indozone rangkum tipsnya untuk kamu, menurut Suzuki Indonesia:

1. Cek Kondisi Rantai Kendaraan 

Khusus pemilik motor bebek perhatikan kekencangan rantai pada roda belakang, bila perlua berikan minyak pelumas kembali sementara pemilik motor dengan transmisi CVT (skutik) periksa tali karet dan roller bearing dalam gerabox-nya.

2. Cek Oli Mesin

Pengecekan minyak pelumas mesin dan atau transmisi di CVT juga perlu dicermati. Kamu bisa periksa kondisi volume, kekentalan dan perubahan warna oli. Jika dari salah satu indikator tersebut ada yang bermasalah atau lewat dari masa pemakaian maka segeralah lakukan pergantian oli.

3. Filter Udara

Tak dapat dielakkan jika perjalanan jauh dapat membuat filter udaramu dipenuhi oleh banyak kotoran. Untuk itu, kamu perlu cek kondisi saringan udara agar tak mengganggu kenyamanan berkendara kamu.

4. Kampas Rem

Pastikan kinerja rem tak membuat kampas rem depan maupun belakang menipis. Kamu bisa cek dari beberapa hal seperti suara decitan saat mengerem, tuas rem lebih dalam, ataupun minyak rem yang berkurang.

5. Komstir

Area komstir atau kemudi berpotensi membuat berkendara tidak nyaman. Jadi, pastikan area kemudi mu tetap emndapat perawatan ya agar selalu nyaman saat mengemudi.

6. Cek Kinerja Suspensi

Jangan lupa untuk mengecek kinerja suspensi motor kamu, terlebih  pasca melewati perjalanan dengan kondisi medan yang terjal dan dipenuhi bebatuan. Caranya dapat kamu lakukan dengan menekan suspensi dan melihat reaksi terhadap tekanan tersebut.

7. Kondisi Ban

Hal yang tidak kalah penting adalah pemeriksaan kondisi ban dengan cara mengecek tekanan ban dan memperhatikan tampilan ban (sobek, berlubang, aus atau gundul).

8. Membersihkan Motor

Setelah digunakan berkendara dalam waktu dan jarak yang cukup jauh, pastikan sepeda motor bebas dari kotoran seperti debu, tanah, noda, maupun minyak yang menempel di bodi kendaraan agar tak mengurangi tampilan dan kinerja sepeda motor.

Penulis: Safira Meidina

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ristuyana
Indozone
Ristuyana

Ristuyana

Editor
Indozone

Indozone

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US