Vespa 150 TAP, Motor Klasik yang Dilengkpai Dengan Meriam
(photo/Flickr/Kenneth Lively)
Otomotif

Vespa 150 TAP, Motor Klasik yang Dilengkpai Dengan Meriam

Rabu, 13 November 2019 22:00 WIB 13 November 2019, 22:00 WIB

INDOZONE.ID - Pada saat jaman Perang dunia, banyak alat yang dapat digunakan khususnya motor dan mobil. Hal tersebut juga berlaku terhadap motor yang berasal pabrikan Vespa. 

Motor tersebut adalah merupakan Vespa 150 TAP. Dimana, TAP sendiri mempunyai kepanjangan yaitu Troupes Aéro Portées yaitu dimana merupakan varian motor Vespa yang digunakan untuk Angkatan Perang Prancis.

Vespa ini juga dilengkapi dengan meriam M20 75mm recoilles. Dimana, meriam ini dapat menghancurkan armor tank yang memiliki tebal sebesar 100mm. Varian dari Vespa ini pernah diproduksi oleh ACMA (Ateliers de Construction de Motocycles et Automobiles) sebanyak 600 unit. 

Vespa 150 TAP sendiri memiliki mesin dengan kapasitas 146 cc dengan menggunakan basis mesin Vespa 125. Mesin ini hanya dapat menempuh kecepatan maksimal 64 km/jam. Hal tersebut dikarenakan Vespa ini telah dipasangkan meriam. 

Motor ini awalnya digunakan oleh Angkatan Perang Prancis sebagai alat ranpur portable pada saat Perang Aljazair yang terjadi pada tahun 1954 - 1962. 

Uniknya, motor ini adalah merupakan sebagai ranpur yang dapat diterjunkan dari udara dengan menggunakan pengoperasian dua operator. Dikarenakan, sistem meriam yang tidak biasa diarahkan, biasanya operator akan memindahkan meriamnya dari motor dan menggunakannya dalam keadan motor diam. 

TAG
Indozone Media
Indozone Media

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU