The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Diselundupkan Dirut Garuda, Harley Davidson Shovelhead Sangat Istimewa
Harley Davidson Shovelhead (Pinterest)
Otomotif

Diselundupkan Dirut Garuda, Harley Davidson Shovelhead Sangat Istimewa

Melesat dengan enteng dan lincah

Sabtu, 07 Desember 2019 16:41 WIB 07 Desember 2019, 16:41 WIB

INDOZONE.ID - Harley Davidson tipe Shovelhead menjadi pembicaraan setelah motor asal Negeri Paman Sam ini diselundupkan Direktur Garuda Indonesia Ari Askhara lewat pesawat Airbus A330-900 Neo.

Motor Harley Davidson merupakan tunggangan impian selain karena memiliki suara garang, desain retro klasik khas Chopper membuatnya selalu mengesankan. Lalu apa keunggulannya dan bagaimana performa motor ini.

Informasi yang dihimpun Indozone, Harley Davidson Shovelhead adalah jenis mesin sepeda motor yang diproduksi oleh Harley-Davidson antara tahun 1966 hingga 1984. Motor ini dibangun sebagai penerus dari mesin Panhead sebelumnya.

Motor Harley Davidson tipe Shovelhead yang diselundupkan di pesawat Garuda Indonesia (Indozone/Sigit Nugroho)
Motor Harley Davidson tipe Shovelhead yang diselundupkan di pesawat Garuda Indonesia (Indozone/Sigit Nugroho)

Ketika mesin pertama kali diproduksi, Shovelhead memiliki ruang pembakaran yang lebih dangkal, penurunan katup yang lebih besar untuk intake dan knalpot, dan katup dan piston yang lebih kuat sehingga performanya sangat mengesankan sebagai motor gede pada zamannya.

Motor ini menggendong mesin 1338cc 2 Silinder dengan konfigurasi mesin V-Twin. Mesin bongsor yang dibawanya membuatnya memiliki tenaga maksimal 58 daya kuda (dk) pada 5.150 rpm. Bobotnya sekitar 330 kg membuatnya mampu melesat dengan enteng dan lincah.

Harley Davidson tipe Shovelhead tahun 1970-an ini memiliki harga yang ditaksir ada pada kisaran Rp 200-800 juta. Motor dengan warna dual-tone merah dan putih yang ditemukan pada kabin Garuda tersebut terbilang langka karena saat sudah tidak diproduksi sehingga banyak diincar oleh kolektor.

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
Indozone
Wilfridus Kolo
Bela

Bela

Writer
Wilfridus Kolo

Wilfridus Kolo

Reporter
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US