The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Knalpot Motor Bocor, Lakukan Ini Agar Kembali Normal
Ilustrasi Knalpot yang terkena karat. (Dok. Pribadi)
Otomotif

Knalpot Motor Bocor, Lakukan Ini Agar Kembali Normal

Komponen penting.

Minggu, 05 Juli 2020 11:08 WIB 05 Juli 2020, 11:08 WIB

INDOZONE.ID - Knalpot merupakan salah satu komponen penting dari motor. Untuk itu, perawatan yang baik perlu dilakukan agar ia tetap awet dan tidak bocor. Bila hal itu terjadi maka akan mempengaruhi performa motor. Satu-satunya cara untuk memperbaikinya bila terjadi bocor adalah dengan melakukan pengelasan pada titik yang bocor.

Punggawa bengkel Adilas mengatakan pengelasan bisa dilakukan oleh bengkel-bengkel yang memiliki kemampuan pengelasan sehingga knalpot benar-benar bisa kembali normal dan tidak mengganggu performa motor.

"Kebocoran knalpot akan mengurangi tenaga yang disalurkan ke mesin. Maka itu sebabnya mesin terasa tidak bertenaga. Lemot. Karena itu harus ditambal dengan pengelasan. Dan itu harus bengkel yang mahir dan sudah terbiasa mengerjakan pengelasan," kata Adi Product.co pada Indozone, Minggu (5/7/2020).

Ia menjelaskan biasanya knalpot bocor karena korosi atau karat serta usia pakai kendaraan. Korosi bisa terjadi akibat adanya perbedaan temperatur di dalam dan luar pipa knalpot, termasuk udara sekitar yang mengandung kadar garam yang cukup tinggi.

"Biasanya karat yang membuat knalpot bocor, karena itu sebaiknya knalpot dirawat dengan menggunakan cairan khusus yang saat ini banyak dijual di workshop otomotif untuk menghilangkan karat. Dan paling penting motor harus selalu dicuci bersih termasuk bagian knalportnya," tukasnya.


Artikel Menarik Lainnya:


TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US