The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bingung Pilih Pelumas untuk Mobil LCGC? Begini Tips Memilihnya!
Foto ilustrasi. (Dok. Antara)
Otomotif

Bingung Pilih Pelumas untuk Mobil LCGC? Begini Tips Memilihnya!

Jangan asal pilih pelumas!

Kamis, 11 Agustus 2022 23:05 WIB 11 Agustus 2022, 23:05 WIB

INDOZONE.ID - Memilih pelumas yang tepat untuk mobil segmen low cost green car (LCGC) memang tidak bisa sembarangan, karena ada hal-hal yang harus diperhatikan agar mesin tetap awet.

Jika salah memilih pelumas, maka akan berdampak tidak baik untuk mesin mobil LCGC kesayangan kamu.

Technical Specialist PT. Pertamina Lubricants (PTPL) Brahma Putra Mahayana menjelaskan, jika mobil LCGC ternyata memiliki mesin kecil yang ringkas sehingga diperlukan pelumas khusus untuk merawatnya.

“Memang untuk mobil-mobil LCGC itu harus menggunakan pelumas khusus, karena mesin yang kecil dan ringkas sehingga membuat celah antar komponen di dalam mesinnya cenderung sempit atau rapat,” kata Brahma, dilansir dari Antara, Kamis (11/8/2022).

Menurut Brahma, angka viskositas atau kekentalan oli yang rendah menunjukkan oli semakin encer. Hal ini diperlukan untuk proses pelumasan hingga ke bagian yang mengalami friksi di celah sempit.

Lebih lanjut, Brahma mengungkapkan kalau oli untuk mobil LCGC haru memiliki kandungan zat aditif agar mesin LCGC yang sempit dapat berada dikondisi yang selalu prima.

"Oli untuk mobil LCGC itu memiliki kandungan zat aditif yang membuat molekul oli dapat mereduksi friksi dari komponen yang bergerak relative satu sama lain, agar tetap lancar meskipun dengan celah yang sempit," jelasnya.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Aki Mobil, Simak Yuk!

Nah, salah satu pelumas yang memenuhi kriteria tersebut adalah Fastron Eco Green. Brahma pun memberikan daftar mobil-mobil LCGC yang cocok untuk menggunakan pelumas ini.

“Pelumas Fastron Eco Green ini cocok untuk mesin mobil LCGC seperti Toyota (Agya, Calya), Honda (Brio), Daihatsu (Ayla, Sigra), sampai ke Datsun (Go dan Go+), Suzuki (Karimun Wagon R),” pungkasnya.

Fastron Eco Green sendiri tersedia di sejumlah tempat seperti Olimart dan SPBU Pertamina.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rachmat Fahzry
Bagas Aulia Ananto

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US