The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Inilah Desain Paten Mesin 2-Tak Hybrid Terbaru Buatan Kawasaki!
Gambar paten mesin 2-tak hybrid terbaru milik Kawasaki. (cycleworld.com)
Otomotif

Inilah Desain Paten Mesin 2-Tak Hybrid Terbaru Buatan Kawasaki!

Kamis, 09 Juli 2020 11:52 WIB 09 Juli 2020, 11:52 WIB

INDOZONE.ID - Sampai sekarang, motor 2-tak masih digemari oleh pecintanya. Namun, mesin 2-tak sendiri telah dihilangkan dari peredaran dikarenakan masalah kebijakan emisi yang semakin ketat.  Namun, hal ini tidak diberlakukan kepada pabrikan asal Jepang, Kawasaki. 

Dimana, Kawasaki dilaporkan akan mengembangkan mesin 2-tak terbarunya yang diklaim lebih ramah lingkungan. Mengutip Rushlane, Kawasaki sendiri telah mengajukan paten motor 2-tak terbaiknya ke Kantor Paten Jepang. Tapi, mesin 2-tak tersebut tidaklah digunakan untuk menggerak roda. 

Mesin 2-tak ini dikembangkan dengan sistem hybrid seri. Mesin pembakaran motor berfungsi sebagai generator listrik. Lalu, dihubungkan dengan motor listrik untuk menggerakkan bagian roda motor. 

Untuk urusan desain, Kawasaki telah melakukan sejumlah perubahan pada mesin 2-tak. Mesin yang dikenal haus akan bahan bakar dan buruk untuk lingkungkan karena tingkat emisi tinggi,  pun dirombak Kawasaki dengan menggunakan katup kecil layaknya mesin 4-tak. 

Perubahan lainnya adalah mengusung sistem crankshaft cross-plane. Pada bagian ujung crankshaft terdapat generator listrik, bukanlah kopling ataupun gearbox konvensional. Tenaga listrik yang dihasilkan dari mesin 2-tak itu pun akan disimpan dalam baterai kecil dan disuplai ke roda belakang. 

Dalam aplikasi paten, Kawasaki mengatakan bahwa mesin 2-tak hybrid ini sangatlah cocok dipakai pada kereta, sepeda roda tiga, dan kendaraan air. Bahkan, Kawasaki mengaku akan memperkenalkan mesin ini kepada produk motor terbarunya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zal
Fernando Sutanto
Zal

Zal

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US