The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jasa Marga Dukung Penggunaan RFID, Bisa Bayar Tol Tanpa Harus Berhenti!
Tampilan stiker RFID di lampu depan sebuah mobil (photo/Unsplash/Alfred)
Otomotif

Jasa Marga Dukung Penggunaan RFID, Bisa Bayar Tol Tanpa Harus Berhenti!

Rabu, 24 Maret 2021 14:22 WIB 24 Maret 2021, 14:22 WIB

INDOZONE.ID - PT Jasa Marga diketahui bakal mendukung sistem pembayaran baru yaitu dengan menggunakan stiker RFID (Radio Frequency Identification). Di luar negeri, sistem pembayaran seperti ini sudah banyak dipakai.

Dengan teknologi RFID, nantinya pengguna jalan tol tidak perlu dibuat repot lagi untuk berhenti dan juga mengeluarkan kartu e-toll atau membayar ke petugas. Pasalnya mereka hanya tinggal melaju dan pintu tol akan otomatis terbuka dengan sendirinya.

Disebutkan bahwa agar teknologi RFID ini dapat bekerja dan mendeteksi kendaraan pengguna, para pengendara harus melaju dengan kecepatan di bawah 30 kilometer per jam saat melintasi gerbang tol.

Nantinya stiker RFID tersebut bakal dipasang di lampu utama sisi kanan mobil. Teknologi tersebut masih bisa bekerja meskipun tertutup oleh objek seperti kotoran, kardus, tanah, dan juga debu.

Sayangnya untuk saat ini stiker RFID tersebut masih belum dijual untuk umum. Banyak yang mengharap bahwa harga untuk stiker RFID tersebut hanya berkisar Rp100 ribuan saja atau mungkin bisa lebih rendah lagi.

Tentunya dengan sistem ini, pihak Jasa Marga dapat mengurangi terjadinya kemacetan yang biasa ada di gerbang tol karena banyak orang yang mengantre untuk membayar, itupun kalau tak ada masalah yang terjadi selama proses pembayarannya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika
JOIN US
JOIN US