Mitsubishi Perkenalkan MI-Tech Concept Di Tokyo Motor Show 2019
MI-Tech Concept (Mitsubishi Motors)
Otomotif

Mitsubishi Perkenalkan MI-Tech Concept Di Tokyo Motor Show 2019

Astrid Dwijayanti
Kamis, 07 November 2019 10:01 WIB 07 November 2019, 10:01 WIB

INDOZONE.ID - Mitsubishi Motors Corporation (MMC) perkenalkan mobil konsepnya yaitu MI-TECH Concept untuk pertama kalinya kepada publik di ajang Tokyo Motor Show (TMS) 2019. MI-TECH Concept ini adalah sebuah SUV (Sport Utility Vehicle) berukuran kompak yang dibekali dengan motor listrik.

MMC klaim jika mobil konsep MI-TECH ini memiliki segudang teknologi canggih. Meski bertubuh kecil dan kompak, tapi tampilan luar dari SUV Plug-in Hybrid (PHEV) ini sangat kental dengan kesan tangguh dan gagah. MI-Tech Concept diperkenalkan sebagai kendaraan konsep yang terinspirasi dari mobil berjenis buggy.

Tampilan depannya mengusung desain global Mitsubishi yaitu Dynamic Shield dengan konsep desain baru yang modern. Gril depan menggunakan warna satin yang dipadukan dengan warna tembaga sebagai warna kedua untuk menonjolkan mobil konsep ini. Lampu depan berbentuk “T” mengapit gril memberikan kesan kokoh dan tegas yang begitu kental.

tokyo motor show 2019
MI-Tech Concept (Mitsubishi Motors)

Pada bumper bagian bawah, terdapat skid plate aluminium baik di depan maupun belakang untuk melindungi bodi mobil. Di bagian samping over fender yang tinggi dengan ban berdiameter besar menggambarkan sebuah mobil SUV yang bisa menjelajah ke berbagai medan.

Lekuk tubuh SUV PHEV ini juga didominasi oleh garis-garis tajam yang menunjukkan kesan agresif, dengan tambahan side step sebagai penyeimbang antara utilitas dengan desainnya. Bagian belakang berbentuk seperti segi enam, dan lampu belakang yang mengusung tema “T”, sama seperti di bagian depan yang seakan membawa pesan hadirnya teknologi tinggi di mobil ini.

tokyo motor show 2019
MI-Tech Concept (Mitsubishi Motors)

"Kami berdedikasi pada teknologi elektrifikasi, khususnya plug-in hybrid (PHEV). Kami akan memperluas jajaran kendaraan listrik kami dengan memberikan lebih banyak variasi dan memanfaatkan beragam teknologi elektrifikasi dalam aliansi untuk menjadikan Mitsubishi sebagai pemimpin dalam kategori PHEV di masa mendatang,” ujar Takao Kato, Chief Executive Officer Mitsubishi Motors.

Di bagian kabin, terdapat teknologi canggih yang futuristik dengan hadirnya panel instrumen horizontal. Serta, desain yang fungsional membuat kesan pengendalian SUV ini sangat mudah. Di bagian tengah dashboard juga dibalut dengan aksen tembaga hingga ke bagian setir.

Tombol pengaturan di konsol tengah didesain seperti keyboard yang dilengkapi dengan pegangan tangan agar pengoperasian tombol lebih mudah. Tentunya desain kabin ini ditujukan agar pengemudi mendapat pengalaman berkendara yang lebih santai.

tokyo motor show 2019
MI-Tech Concept (Mitsubishi Motors)

Di jendela depan berfungsi layaknya layar monitor dengan Augmented Reality (AR) yang bisa menyediakan informasi dalam bentuk grafis. Seperti keadaan mobil, medan jalan, dan juga optimalisasi rute yang ditempuh. 

Mitsubishi menyebut teknologi ini dengan nama Human Machine Interface (HMI). Selain itu ada juga MI-PILOT, yaitu bantuan teknologi berkendara yang tidak hanya berfungsi di jalan raya saja, tapi juga di jalan tanah atau off-road. Semua teknologi canggih ini masih dipadukan dengan motor listrik yang ringan, sesuai dengan bentuknya yang kompak. 

Menariknya, mobil ini ditenagai dengan mesin turbin gas berukuran kecil. Turbin gas ini berfungsi sebagai pengganti mesin bensin tradisional.

Tetapi yang jauh lebih menarik adalah, mesin konvensional mobil itu dirancang dapat menenggak bahan bakar jenis diesel, minyak tanah dan alkohol, selain bensin. Emisi gas buangnya pun diklaim bersih.

Sebagai sebuah SUV, tentunya MMC membekali MI-TECH ini dengan penggerak empat roda (4WD). Tentunya, dengan teknologi S-AWC yang terintegrasi dengan Vehicle Dynamics Control System yang terhubung dengan empat motor listrik di masing-masing roda. 

tokyo motor show 2019
MI-Tech Concept (Mitsubishi Motors)

Tak hanya itu, Mitsubishi juga menyediakan Dual-Motor Active Yaw Control (AYC) untuk memberikan kaliper rem elektrik ini dengan respon yang cepat dan akurasi tinggi. Dengan begitu, pengendalian dan pengereman dari keempat roda ini dapat memberikan pengalaman berkendara terutama saat menikung dan juga akselerasi yang lebih nikmat. 

"Ketika berkendara off-road dan dua roda tidak mendapat traksi, teknologi di MI-TECH Concept ini dapat menyalurkan tenaga ke dua roda yang mendapat traksi dengan lebih optimal," kata Chief Executive Officer Mitsubishi Motors.

Semua teknologi canggih termasuk elektrifikasi dari SUV Mitsubishi MI-TECH Concept ini baru akan diimplementasikan ke model SUV kompak dan medium Mitsubishi pada tahun 2022 mendatang.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Astrid
Astrid

Astrid

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU