The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jangan Malas, Rawat Shockbreaker Motor Nggak Ribet!
Ilustrasi shockbreakar motor (INDOZONE/Wilfridus Kolo).
Otomotif

Jangan Malas, Rawat Shockbreaker Motor Nggak Ribet!

Sederhana dan simpel.

Rabu, 22 Januari 2020 17:46 WIB 22 Januari 2020, 17:46 WIB

INDOZONE.ID - Banyak pengguna motor kerap mengabaikan perawatan shockbreaker. Padahal, komponen ini cukup penting untuk mendukung kenyamanan berkendara.

Apalagi perawatan shockbreaker tak harus ke bengkel. Cukup membersihkan bagian batang shockbreaker dan spring-nya.

Owner Scarlet Racing, Suwandi, mengatakan semua komponen kendaraan perlu perawatan termasuk shockbreaker. Saat pemakaian, ada kotoran yang menempel sehingga harus dibersihkan.

"Sebenarnya tidak ada perawatan khusus untuk shockbreakeryang penting adalah setiap kali setelah memakai motor dan shockbreaker-nya kotor harus dicuci atau dibersihkan. Apalagi saat ini musim hujan pasti ada lumpur yang menempel," kata Suwandi kepada Indozone, Rabu (22/1/2020).

Kebersihan bagian batang shockbreaker dan spring ikut berpengaruh pada ayunan shockbreaker. Ada kemungkinan terjadi kebocoran oli karena kotoran seperti pasir yang masuk ke karet seal.

"Biasanya kotoran sepeti lumpur, kirikil halus, atau benda halus lain di jalan menempel di shockbreaker. Perlu dibersihkan supaya pasir-pasir yang melekat di spring suspensi itu, supaya tidak merusak seal-nya juga," ujar Suwandi.

Mengingat membersihkan shockbreaker bisa dilakukan mandiri, Suwandi menyarankan agar hal tersebut diperhatikan. Tujuannya selain menjaga kebersihan motor, juga membuat shockbrekaer tetap optimal dan nyaman saat berkendara. 


Artikel Menarik Lainnya

TAG
Desika Pemita
Ivanrida
Wilfridus Kolo
JOIN US
JOIN US