The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

4 Tips Merawat AC Mobil agar Tetap Dingin, Gampang Guys? 
Ilustrasi AC Mobil. (Freepik)
Otomotif

4 Tips Merawat AC Mobil agar Tetap Dingin, Gampang Guys? 

Bisa langsung dicoba

Jumat, 05 Agustus 2022 02:00 WIB 05 Agustus 2022, 02:00 WIB

INDOZONE.ID - Perawatan mobil sangat penting untuk kenyamanan saat berkendara serta kebersihan. Merawat mobil itu tak hanya soal mesin tetapi juga bagian interior mobil.

Baca Juga: Praktis! Begini Cara Daftar di My Pertamina Untuk Dapatkan BBM Bersubsidi

Komponen yang harus lebih diperhatikan yaitu AC Mobil. Coba banyangkan bila memakai mobil, tapi AC-nya rusak, sudah dipastikan tidak nyaman. Berikut tips merawat AC mobil:

1. Menjaga Kebersihan Kabin Mobil

Bersihkan debu-debu di sekeliling kabin. Ini sangat berpengaruh sekali terhadap kinerja AC. Ssemakin banyak debu yang tidak dibersihkan, semakin mengganggu kerja AC hingga menimbulkan rasa tidak dingin atau panas.

2. Jangan Terlalu Sering Membuka Kaca Mobil Saat AC Menyala

Tak heran bila kita membuka kaca mobil apalagi saat berpergian jauh dan melihat pemandangan yang indah, rasa ingin membuka kaca tentu pasti ada.

Hanya saja, membuka kaca saat AC menyala juga sangat tidak dianjurkan, karena debu dari luar pasti masuk ke dalam filter AC dan menyebabkan performa AC mobil kita menjadi tidak maksimal.

3. Tidak Merokok Dalam Mobil

Bagi para perokok pasti sering melakukan ini di dalam mobil karena bisa mengurangi rasa ngantuk maupun rasa bosan ketika macet.

Namun demikian, hal ini sangat dihindarkan karena dengan merokok di dalem mobil dapat membuat sirkulasi pada AC tercemar asap dan bisa mengendap di dalamnya. Alhasil udara yang keluar menjadi tercemar dan pastinya membuat bau tak sedap pada interior mobil.

4. Rajin Mengecek Freon

Fungsi freon adalah untuk bahan bakar AC, yang selanjutnya akan menghasilkan udara sejuk ke ruangan. Zat ini akan berubah bentuknya dari cair ke gas dan akan keluar ke ruangan.

Maka dari itu, harus rajin cek freon pada mobil kita. Pasalnya apabila sedang dalam perjalanan jauh tiba-tiba freon, bisa mengganggu perjalanan.

Penulis: Bima Febrianto

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rachmat Fahzry
Indozone
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US