Jurus Jitu Hilangkan Air pada Headlamp Mobil
Embun pada headlamp. (dok. Indozone)
Otomotif

Jurus Jitu Hilangkan Air pada Headlamp Mobil

Buat kalian yang bingung kenapa headlamp berembun

Richardo
Sabtu, 12 Oktober 2019 15:31 WIB 12 Oktober 2019, 15:31 WIB

INDOZONE.ID - Pemilik mobil kerap mengeluhkan adanya embun atau butiran air pada mika headlamp. Kondisi ini biasanya mengganggu pencahayaan lampu sehingga perlu mendapat penanganan.

Wira Santosa, pemilik Workshop Asia Jaya Motor mengatakan banyak orang menanggap bahwa headlamp mobil yang berembun terjadi karena kebocoran karet penutup lampu. Padahal cara menyemprot lampu saat mencuci mobil menjadi penyebabnya.

"Biasanya pengembunan itu terjadi karena mika lampu langsung terkena semprotan air bertekanan, pertemuan hawa panas dari reflektor dan hawa dingin air akan menghasilkan uap yang membentuk embun pada reflektor berupa bintik-bintik embun seperti keringat,” kata Wira, Kamis (10/10)

Ia menjelaskan biasanya mobil yang dicuci saat masih panas karena perjalanan jauh kemungkinan mengalami hal ini karena perubahan temperatur yang drastis mempengaruhinya.

"Bila karet seal lampu bocor air yang akan masuk ke mika lampu biasanya akan membentuk genangan lebih lebar dan berbeda dengan bintik embun. Ini karena kesalahan mencuci lampu," terangnya

Solusi untuk menghilangkan butiran air pada headlamp hanya dengan membuka karet penutup lampu pada bagian belakang, kemudian semprotkan angin dari kompresor dengan tekanan dan beberapa saat embun akan hilang.

"Buka karet penutup lampu pada bagian belakang, lalu semprotkan angin dari kompresor ke titik-titik embun pada reflektor. Perlahan embun akan mulai terurai dan turun ke bagian bawah. Jika masih ada lepas penutup lampu sampai 45 menit sehingga udara masuk untuk mengurai embun," urainya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Richardo
Richardo

Richardo

Editor
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU