Kemenperin Ajak Marketplace Dukung Industri Otomotif

- Senin, 22 Juni 2020 | 18:49 WIB
Ilustrasi penjualan mobil melalui marketplace (Dok.Celular)
Ilustrasi penjualan mobil melalui marketplace (Dok.Celular)

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Tokopedia berkolaborasi meluncurkan kampanye #GerakanOtomotifNasional. Kerja sama ini merupakan inovasi di sektor otomotif dengan memanfaatkan sarana penjualan online, agar penjualan produk otomotif tetap berjalan. 

Harapannya, program ini mampu mendongkrak penjualan industri otomotif yang mengalami penurunan kinerja hingga 40% selama pandemi Covid-19. Program ini akan berlangsung selama 22-29 Juni 2020. Masyarakat dapat menemukan berbagai kurasi produk otomotif, melalui halaman khusus di Tokopedia. 

Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita, menyatakan, program ini bertujuan mengajak masyarakat untuk mendukung Industri Kecil Menengah (IKM) lokal di sektor otomotif agar mereka dapat terus mengembangkan usahanya walau di tengah pandemi melalui platform daring.  

"Inisiatif ini sejalan dengan fokus pemerintah untuk membangkitkan kembali semangat pelaku IKM dalam menghasilkan produk otomotif lokal berdaya saing demi memenuhi kebutuhan pasar domestik hingga ekspor,” kata Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Senin (22/6/2020)

Menteri Agus menegaskan, adaptasi dan inovasi merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan daya saing dan kemandirian bangsa, serta mempersiapkan kebangkitan industri nasional dalam menggerakkan roda perekonomian di era normal baru.

CEO dan Founder Tokopedia, William Tanuwijaya, mengungkapkan, program bersama kementerian perindustrian ini merupakan dukungan mereka kepada mitra strategis dalam memastikan pelaku industri tetap berjalan dengan baik sehingga mampu bertahan.

"Kita ingin industri lokal terus bergeliat. Salah satunya industri otomotif lokal, buat mereka dapat terus menjalankan bisnisnya secara online melalui media seperti Tokopedia. Ini sekaligus menjaga perputaran roda ekonomi Indonesia di tengah pandemi ini,” ujarnya.

Saat ini, terdapat lebih dari 8,3 juta penjual di Tokopedia yang 94%nya berskala ultra mikro. Jika dibandingkan dengan Januari lalu, tercatat 7,2 juta penjual. Artinya ada lebih dari 1,1 juta masyarakat yang baru memulai menciptakan peluang bisnis daring lewat Tokopedia dan kesempatan yang sama juga bisa diambil industri otomotif

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X