3 Poin dalam Road Map Pengembangan Industri Otomotif Indonesia
Ilustrasi Industri Otomotif Indonesia. (Antara/Risky Andrianto)
Otomotif

3 Poin dalam Road Map Pengembangan Industri Otomotif Indonesia

Apa saja?

Rabu, 04 Desember 2019 12:05 WIB 04 Desember 2019, 12:05 WIB

INDOZONE.ID - Kementrian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia terus berupaya mendorong industri otomotif agar terus berkembang. Diharapkan industri otomotif Tanah Air bisa menghasilkan produk-produk yang mampu bersaing dengan produk luar. 

Ini menjadi salah satu poin penting dalam road map Kemenperin dalam pengembangan industri otomotif di Indonesia. 

Hal tersebut disampaikan Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin, Putu Juli Ardika, dalam diskusi Economic Outlook bertajuk 'Kesiapan Industri Otomotof Menuju Era 4.0' di Kawasan SCBD, Jakarta, Rabu (4/12).

Ardika menambahkan, pihaknya telah memiliki format pengembangan. Nantinya, Indonesia akan mampu bersaing sebagai negara basis produksi otomotif dunia. 

Road Map Pengembangan Industri Otomotif
Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin, Putu Juli Ardika. (Indozone/Wilfridus Kolo)

"Kami terus berupaya agar tetap menjadi bagian penting dalam produksi otomotif dunia dengan menghasilkan mobil yang efisien, hemat energi dan memberikan pertumbuhan ekonomi pada Indonesia," kata Putu.

Berikut ini adalah tiga poin dalam road map Kementrian Perindustrian untuk perkembangan industri otomotif di Indonesia:

1. Mandiri secara energi

Dalam pengembangan industri otomotif, diperlukannya kemandirian secara energi untuk dapat mengembangkan produk yang memikiki fuel efisiensi tinggi berkaitan dengan isu lingkungan saat ini.

2. Produksi mobil efisien

Road Map Pengembangan Industri Otomotif
Industri otomotif. (Antara/Novrian Arbi)

Bagaimana energinya dapat mendukung kendaraan agar hemat bahan bakar dan mengurangi polusinya. Untuk itu, Kemenperin akan berikan insentif bagi para produsen mobil yang memproduksi mobil hemat energi.

3. Memberi dampak Ekonomi

Road Map Pengembangan Industri Otomotif
Industri otomotif. (Antara Foto)

Bagaimana industri ini memberikan nilai tambah bagi ekonomi Tanah Air. Dengan produksi dan market yang besar, Kememperin mendorong agar industri otomotif memberikan kontribusi yang signifikan bagi kemajuan ekonomi di Indonesia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Wirawan Kusuma
Wilfridus Kolo
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU