Jangan Langsung Buang Shockbreker Bocor
Shockbreaker (INDOZONE/Wilfridus Kolo)
Otomotif

Jangan Langsung Buang Shockbreker Bocor

Ternyata shockbreker yang bocor masih bisa dipakai

Rabu, 22 Januari 2020 19:27 WIB 22 Januari 2020, 19:27 WIB

INDOZONE.ID - Kebocoran oli pada shockbreaker biasanya membuat kenyamanan pada suspensi menurun. Umumnya kebocoran terjadi karena karet seal mengalami getas karena ada debu yang masuk sela-sela shockbreaker.

Sebagian orang menganggap bahwa shockbreaker yang mengalami kebocoran semestinya diganti dengan yang baru. Namun sebenarnya komponen tersebut masih bisa digunakan dengan mengganti karet seal dan olinya.

Owner Scarlet Racing, Suwandi menjelaskan, tidak tepat bila ada yang mengatakan kebocoran oli pada shocbreakaer berarti shock-nya telah rusak karena pada dasarnya sealnya bisa diganti dan bisa normal kembali.

"Kalau kebocoran oli itu biasanya dari seal. Itu biasanya masih bisa bawa ke bengkel untuk servis ke tukang shock. Biasanya mereka ganti seal-nya. Beda kalau spring-nya yang sudah 'haus' pasti susah. Maka kami sarankan untuk diganti, walaupun sebenarnya bisa diganti spring baru ke tukang shock," kata Suwandi kepada Indozone, Rabu (22/1/2020)

Meskipun bisa diganti, tapi shockbreaker yang telah bocor biasanya tidak senyaman dengan yang standar. Akhirnya, waktu pemakaiannya juga tidak akan terlalu lama seperti shock dalam keadaan normal.

"Kalau bocor dan sampai olinya rembes, memang bisa diganti dengan seal yang baru di bengkel spesialis shock tetapi tentu tidak terasa nyaman dipakai," tukasnya


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Vessy Dwi
Wilfridus Kolo

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU