The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Penyakit Satu ini Mengurangi Kenyamanan  saat Traveling dengan Mobil di Musim Hujan
Tips cegah jamur pada kaca mobil (PT SIS)
Otomotif

Penyakit Satu ini Mengurangi Kenyamanan saat Traveling dengan Mobil di Musim Hujan

Ketahuilah.

Selasa, 18 Januari 2022 11:49 WIB 18 Januari 2022, 11:49 WIB

INDOZONE.ID - Traveling bersama keluarga tersayang menggunakan mobil pribadi memang menyenangkan, namun situasinya menjadi mencekam manakala hujan turun dan tetiba pandangan ke depan menjadi blur. Apa penyebab? Bisa jadi kaca mobil kamu itu "terserang" jamur.

Sejatinya, jamur melekat di kaca mobil bukanlah hal luar biasa, karena pemakaian dan usia kendaraan terlebih tidak dirawat dengan baik (setelah tersiram air hujan tidak dicuci) maka muncul apa yang disebut jamur kaca tadi. Nah mau tahu tips mudah agar kaca mobil kamu terhindar dari jamur? Lakukan hal ini.

tips merawat kaca mobil
Bersihkan mandiri dan rutin cegah jamur menempel di kaca

“Kaca mobil yang berjamur dapat mengurangi visibilitas sehingga meningkatkan potensi kecelakaan. Selain itu, jamur pada kaca juga mengurangi estetika kendaraan dan dapat mengurangi nilai jual kembali kendaraan. Langkah-langkah pencegahan kaca berjamur di atas dapat dilakukan secara mandiri,” kata Hariadi Asst. to Service Dept. Head PT SIS.

Setelah mobil tersiram air hujan, usahakan mobil dibersihkan selain menghindari jamur juga bahaya karat di bodi, tampilan mobil pun menjadi kinclong kembali.

Baca juga: Warga Tiongkok, Mencintai Produksi Mobil Listrik Sendiri  daripada Merek Impor

Air hujan mengandung pH cenderung asam yang dapat mempengaruhi kondisi permukaan kaca mobil. Cara terbaik untuk menghindari munculnya jamur adalah dengan segera mencuci dan mengeringkan mobil yang baru terkena hujan dengan lap bersih. 

tips merawat kaca mobil
Tiap kaca boleh di semrotkan cairan kimia pembersih jamur.

Nah, jika setelah di lap kering bagian kaca depan mobil tadi tapi pandangan tetap buram atau terdapat bercak-bercak putih itu pertanda kaca berjamur. Untuk itu memerlukan penanganan khusus bila tingkat jamurnya terlalu ekstrim namun bila kadar jamurnya masih tidak terlalu tinggi, 

kamu bisa menggunakan cairan kimia pembersih khusus untuk perawatan kaca. Pembersih tersebut selain dapat menghilangkan bercak-bercak jamur pada kaca mobil, sekaligus mengembalikan kondisi kaca menjadi jernih kembali. 

Nah, mudah kan? Selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya:

TAG
Ristuyana
Ristuyana

Ristuyana

Editor
JOIN US
JOIN US