The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Wih! Hyundai Venue Memiliki Sistem Transmisi Manual Tanpa Adanya Pedal Kopling
Hyundai Venue 2020 di India. (Dok. Hyundai USA)
Otomotif

Wih! Hyundai Venue Memiliki Sistem Transmisi Manual Tanpa Adanya Pedal Kopling

Senin, 13 Juli 2020 17:00 WIB 13 Juli 2020, 17:00 WIB

INDOZONE.ID - Pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai baru saja merilis produk terbarunya di India, Hyundai Venue. Mobil ini dilaporkan hadir dalam varian transmisi manual. Uniknya, Hyundai Venue tidaklah dilengkapi sistem pedal kopling. 

Mengutip Carbuzz, Hyundai mengatakan mobil tersebut mengusung fitur intelligent gearbox IMT. Fitur tersebut membuat transmisi manual 6-percepatan pada Hyundai Venue hanya mengusung sistem pedal rem dan gas. 

Untuk jantung pacu mesin, Hyundai Venue mengusung mesin T-GDI 1.0 L turbocharged. Menurut Hyundai, IMT gearbox tersebut hadir dari tuas persneling dengan sistem behavior sensor, hydraulic assistance, dan gearbox control (TCU).

Untuk cara kerjanya, behavior sensor akan mengirimkan sinyal ke TCU untuk melakukan perpindahan gigi dan meneruskan sinyal dari TCU ke hydraulic assistance.

Selanjutnya, kopling dicocokkan dan dilepaskan melalui silinder bantu konsentris tanpa adanya operasi tambahan pengemudi. Pihak Hyundai juga menggambarkan proses elektro-mekanis itu dengan mulus, tanpa penundaan.

Akan tetapi, pengemudi masih perlu waktu untuk beradaptasi dengan sistem ini. Selain itu, Hyundai juga mengatakan IMT akan mengurangi tekanan mengemudi sata terjebak macet. Dengan kata lain, sistem IMT gearbox ini cocok untuk lalu lintas India, yang mana kemacetan lalu lintas seringlah terjadi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zal
Fernando Sutanto
Zal

Zal

Editor
JOIN US
JOIN US