The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tips Cara Mudah dan Aman Mengendarai Mobil Matic Untuk Pemula dan Pengguna
Ilustrasi perseneling mobil matic. (Car Parts)
Otomotif

Tips Cara Mudah dan Aman Mengendarai Mobil Matic Untuk Pemula dan Pengguna

Sabtu, 21 November 2020 13:53 WIB 21 November 2020, 13:53 WIB

INDOZONE.ID - Saat ini banyak masyarakat terutama yang berada di perkotaan memilih mobil matic karena lebih praktis dan membuat pengendara tidak mudah capek akibat jalanan yang macet.

Mobil matic hanya menggunakan kaki sebelah kanan untuk gas dan rem, jadi kaki kiri bisa beristirahat. Cara kerja mobil matic menggunakan transmisi yang memiliki fungsi berbeda-beda. 

Berdasarkan video yang diunggah oleh akun youtube @OtoFreak, berikut cara lengkap dan tips mengendarai mobil matic yang mudah dan aman untuk Anda:

1. Pahami dan Posisi Urutan Tuas Transmisi

Posisi dan urutan penggantian tuas transmisi sangat penting untuk dihafla dan benar-benar dikuasai.

Pelajari fungsi tiap simbol huruf pada tuas transmisi, agar tidak terjadi kesalahan yang dapat merusak mesin mobil dan membahayakan keselamatan Anda. 

Simbol yang harus Anda hafalkan pada tuas transmisi mobil matic meliputi:

P (park)
Digunakan untuk mengunci transmisi sepenuhnya saat mobil Anda diparkir.

R (Reverse)
Digunakan saat ingin mobil matic Anda berjalan mundur .

N (Netral)
Digunakan untuk membuat hubungan roda dengan mesin dalam keadaan bebas.
 
D-3 (Drive)
Digunakan untuk membuat mobil matic Anda berjalan maju pada kondisi jalan yang normal. Angka tiga pada transimisi berfungsi untuk membuat mobil matic Anda pada pogigi 1-3 .

2 (Second)
Berfungsi untuk membuat mobil matic Anda pada posisi gigi 1-2.

L (Low)
Berfungsi untuk membuat mobil matic Anda pada posisi gigi terendah.


2. Tempatkan Posisi Kaki dengan Benar

Cukup gunakan satu kaki kanan saat mengendari mobil matic Anda, karena jika Anda menggunakan dua kaki itu akan berbahaya. Letakkan kaki pada tranmisi matic diantara gas dan rem. 

3. Biasakan Injak Pedal Rem Terlebih Dahulu

Saat mengganti transmisi biasakan untuk menginjak rem terlebih dahulu agar mobil tidak berjalan sendiri. Lepas rem dengan perlahan lalu pindahkan kaki kanan Anda ke gas.

4. Melintasi Tanjakan

Saat melintasi jalan yang tinggi atau menanjak pindahkan transmisi pada posisi L. Posisi L ini akan membantu Anda untuk melakukan overdrive saat mobil membutuhkan akselerasi atau engine break pada kondisi jalan tertentu.

5. Melintasi Turunan

Sedangkan saat melintasi turunan akan lebih baik jika Anda tidak menerus menginjak pedal rem, karena hal tersebut akan mengakibatkan rem overheat alias blong. Sebaiknya Anda menurunkan gigi secara perlahan sehingga menghasilkan engine break alias pengereman mesin. 

6. Kegunaan Tombol Shift Lock

Saat memarkirkan kendaraan dalam posisi pararel tombol Shift Lock akan membantu Anda untuk mengubah posisi transmisi pada mobil matic Anda dari posisi P bisa dipindahkan ke posisi N.

7. Teknik Kickdown 

Teknik ini merupakan mekanisme untuk mempercepat akselarasi spontan dalam kondisi menanjak. Teknik ini dilakukan dengan menginjak gas secara tiba-tiba yang mengakibatkan perputaran mesin menjadi lebih tinggi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Putri Octapia Saragih

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US